Biarawati Alexa Yonsion Ciptakan Lagu Tentang Tragedi

Biarawati Alexa Yonsion Ciptakan Lagu Tentang Tragedi

Nun Alexa Yonsion menggubah lagu tentang tragedi hilangnya KRI Nanggala 402

Biarawati Alexa Yonsion Ciptakan Lagu Tentang Tragedi

Jakarta – 21 April 2021 akan dikenang oleh masyarakat Indonesia sebagai hari kehilangan. Pada hari itu juga, 53 prajurit TNI Angkatan Laut menghilang bersama dengan kapal selam KRI Nanggala 402.

Duka yang masih mendalam, tidak hanya bagi keluarga yang ditinggalkan, tetapi juga bagi masyarakat yang menghormati tugas dan dedikasi 53 prajurit pemberani ini. Salah satunya dirasakan oleh Nun M Alexa Yonsion.

Seorang perawat dari desa Nita Meumere, Flores (NTT) diam-diam terinspirasi untuk membuat sebuah lagu untuk memperingati kehilangan 53 marinir berjudul “Selamat tinggal pahlawan angkatan laut saya KRI Nanggala-402”.

“Meskipun kejadian ini meninggalkan duka yang mendalam bagi kita semua, bangsa kita tercinta dan negara kita tercinta Indonesia. Saya ingin mengenang mereka sebagai pejuang dan pahlawan melalui lagu ini,” kata Suster Alexa, demikian ia disapa, dalam keterangan tertulis, Senin. 25 April 2022.

Suster Alexa tidak bisa melupakan kejadian naas yang menimpa seluruh awak KRI Nanggala 402 saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya menjaga keselamatan bangsa dan negara melalui kawasan bawah laut.

Baginya, seluruh ABK yang hilang bersama KRI Nanggala 402 adalah sosok-sosok patriotik yang pantas dikenang sebagai pahlawan.

“Meskipun kejadian itu terjadi setahun yang lalu, itu masih mengganggu mata batin saya. Untuk itu saya membuat lagu untuk mengingat dan mendoakannya,” tambah Suster Alexa.

Sumber :