Cara Download File Gambar Langsung Ke Google Drive

Cara-Download-File-Gambar-Langsung-Ke-Google-Drive

Cara Download File Gambar Langsung Ke Google Drive

Bisakah kita mendownload file gambar dan foto dari internet langsung ke Google Drive tanpa harus menyimpannya ke komputer lokal terlebih dahulu? Jawabannya bisa. Cara termudah adalah dengan menggunakan bantuan ekstensi Google Chrome yang disebut Simpan ke Google Drive.

Cara-Download-File-Gambar-Langsung-Ke-Google-Drive

Dengan bantuan extension ini, kita bisa mendownload berbagai jenis file seperti file gambar dan halaman web ke Google Drive. Ekstensi ini juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot penuh dari sebuah halaman web. Berikut cara langsung menggunakannya.

Cara mengunduh file langsung ke Google Drive

1. Pasang ekstensi Simpan ke Google Drive

Pertama, kita perlu menginstal ekstensi Save to Google Drive di browser Chrome.
Unduh Simpan ke Google Drive

2. Buka halaman yang berisi file gambar yang ingin Anda download

Kemudian buka halaman web yang memiliki file gambar yang ingin Anda unduh. Dalam tutorial ini, saya akan mendownload gambar dari Pexels.

3. Buka file gambar ukuran penuh di browser

Setelah kita berada di halaman web yang memiliki gambar yang ingin kita unduh, kita perlu membuka gambar ukuran penuh. Ini agar ukuran gambar yang didownload juga besar, bukan thumbnail-nya.

4. Klik kanan gambar> Simpan ke Google Drive
Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 1

Untuk mengunduh gambar ke Google Drive secara langsung, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik kanan gambar> Simpan ke Google Drive> Simpan Gambar ke Google Drive.

5. Masuk dengan akun Google
Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 2

Kami akan diminta untuk masuk ke Google Drive dan masuk dengan akun Gmail yang ingin kami gunakan untuk Drive.

6. Berikan izin ekstensi dengan mengklik tombol Izinkan
Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 3

Agar ekstensi “Simpan ke Google Drive” berfungsi, kita perlu memberinya izin untuk mengakses akun Google Drive kita. Saat dimintai izin untuk mengakses, klik tombol Izinkan.

7. Tunggu hingga pengunduhan selesai
Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 4

Ekstensi secara otomatis akan mengunduh file gambar ke Google Drive. Biasanya hanya perlu beberapa detik.

8. Ubah nama file gambar dan klik tombol Tutup
Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 5

Setelah proses download file selesai, kita dapat langsung mengganti nama file tersebut tanpa membuka file manager Google Drive. Cara ini sangat efektif untuk memperjelas file yang diunduh. Klik tombol Tutup setelah Anda selesai.

9. Selesai. Gambar yang diunduh sebelumnya akan disimpan di Google Drive

Cara mengunduh file gambar ke Google Drive 6

Kemudian cek file gambar tadi di akun Google Drive kita. Jika Anda ingin mendownload lebih banyak gambar, yang harus Anda lakukan adalah mengklik kanan gambar yang Anda inginkan, lalu pilih Save to Drive. File secara otomatis disimpan di Google Drive. Jangan lupa untuk memastikan file gambar ukuran penuh dibuka sebelum mengunduhnya.

Cara download file gambar dari internet langsung ke Google Drive tidaklah sulit bukan?

Saya biasanya menggunakan metode ini untuk mengumpulkan gambar-gambar bagus yang akan saya gunakan nanti untuk keperluan blogging dan pemasaran. Dengan cara ini kami dapat menghemat lebih banyak ruang di komputer dan folder unduhan kami tidak akan cepat berantakan.

File gambar yang sudah tersimpan di Google Drive dapat dengan mudah digunakan di perangkat lain seperti smartphone atau tablet. Jadi sepertinya cara ini sangat efektif untuk mengumpulkan gambar atau foto dari internet yang akan kita gunakan untuk keperluan kita.

 

Lihat Juga :

https://www.mobifrance.com/

https://bootb.com/