Cara Menulis (Resensi) Buku Ilmu Pengetahuan Populer

Cara-Menulis-(Resensi)-Buku-Ilmu-Pengetahuan-Populer

Pembahasan kali ini membahas tentang contoh ringkasan isi buku sains populer kelas delapan dan cara menulis ringkasan isi buku sains populer, ringkasan buku sains populer, contoh review sains, contoh buku sains populer, dan cara bagaimana untuk mengulas buku sains populer.

Penulisan ringkasan adalah upaya mengekstrak atau membaca suatu teks. Jadi meringkas sebuah buku berarti mengambil inti dari sebuah buku dan menulis ulang dalam catatan pendek.

 

Cara-Menulis-(Resensi)-Buku-Ilmu-Pengetahuan-Populer

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.berpendidikan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Yang perlu Anda ingat adalah ringkasan isi memuat semua teks atau buku yang terangkum secara lengkap dan lengkap, meskipun penyajiannya lebih padat dan lebih ringkas. Ringkasnya, seharusnya tidak ada hal penting dari bacaan atau buku yang belum diambil atau diringkas.

Definisi buku pengetahuan populer

Yang dimaksud dengan buku pengetahuan populer adalah buku yang memuat informasi tentang ilmu pengetahuan yang secara umum diketahui masyarakat.

Dalam hal ini sesuatu yang digemari adalah sesuatu yang umumnya diketahui atau dikenali oleh masyarakat pada umumnya. Buku pengetahuan populer memiliki bidang ilmu yang berbeda-beda, misalnya: ilmu peternakan, ekonomi, kepribadian pada umumnya dan ilmu pengetahuan lainnya.

Buku-buku pengetahuan yang membahas secara spesifik dan detil dengan disiplin ilmu tertentu tidak terdapat dalam buku pengetahuan populer, melainkan buku kajian ilmiah. Contoh buku pelajaran disiplin adalah buku tentang anatomi tubuh manusia.

Contoh ringkasan isi buku pengetahuan populer

Harap perhatikan teks bergambar berikut untuk ringkasan dari buku sains populer!

Buku anggur dalam pot

Judul buku: Anggur dalam pot

Jumlah halaman: 50 halaman

Penerbit: Penyebar Bantuan Mandiri

Cetak: IV

Buku berjudul Wine in a Pot ini menjelaskan bagaimana anggur ditanam di dalam pot atau kantong plastik. Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa menanam anggur membutuhkan lahan yang luas dan perawatan yang sangat rumit.

Kenyataannya, pandangan ini salah. Sebuah buku berjudul Wine in a Pot menjelaskan bahwa menanam anggur tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang.

Buku ini membahas masalah yang berkaitan dengan menanam anggur dalam pot atau kantong plastik. Ini termasuk detail tanaman anggur, serta jenis dan karakteristiknya.

Buku ini juga menjelaskan cara memilih bibit anggur yang baik, cara menyiapkan media tanam, dan cara merawat pertumbuhannya. Bab terakhir buku ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan perawatan tanaman merambat dewasa untuk berbagai penyakit.

Bagaimana menulis ringkasan isi untuk buku pengetahuan populer

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengumpulkan buku pengetahuan populer adalah sebagai berikut.

1. Membaca buku untuk memahaminya sepenuhnya dan sepenuhnya.

2. Sebutkan poin-poin utama dari bacaan atau buku tersebut.

3. Tuliskan poin-poin utama dalam rangkaian kalimat yang mudah dipahami.

4. Periksa hasil ringkasan terhadap isi buku untuk mengetahui apakah ringkasan tersebut sudah lengkap atau belum.
Contoh ringkasan isi buku pengetahuan populer

Contoh poin penting yang perlu diperhatikan dari buku pengetahuan di atas adalah sebagai berikut.

1. Tanaman rambat bukan hanya pohon buah-buahan yang bernilai jual tinggi, tetapi juga merupakan tanaman hias.
2. Bagaimana memilih dan mendapatkan benih yang baik.

3. Pilih pot yang bagus, siapkan media tanam dan pindahkan bibit anggur ke dalam pot.

4. Rawat bibit anggur dengan cara menyiram, memberi buah anggur dan pemupukan.

5. Membuat ranting dan ranting untuk menopang buah.

6. Menjaga tanaman anggur tetap produktif sepanjang tahun dengan memangkasnya.

7. Mengatasi hama dan penyakit buah anggur.

Anda dapat menulis ringkasan buku yang berjudul “Anggur dalam Panci” berdasarkan poin-poin utama yang terdapat di dalam buku tersebut, sebagai berikut.

Buku yang berjudul Wine in a Pot ini menjelaskan cara menanam anggur dalam pot atau kantong plastik. Buku ini membahas masalah yang berkaitan dengan tanaman merambat dalam pot atau kantong plastik. Diantaranya pemilihan bibit anggur yang baik, penyiapan media tanam, perawatan saat tumbuh, dan upaya penanggulangan berbagai hama dan penyakit buah anggur.

Oleh karena itu pembahasan lengkap tentang contoh ringkasan isi buku pengetahuan populer dan penulisan ringkasan isi buku pengetahuan populer semoga bermanfaat.

Lihat Juga: Barisan Geometri