5 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

5 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

5 contoh teks contoh pendek dan strukturnya

5 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks contoh dan strukturnya

orientasi

Pertengahan tahun ini saya lulus SMA dan berencana melanjutkan studi di salah satu universitas negeri. Universitas yang saya cari adalah salah satu universitas ternama di provinsi Jawa Tengah. Sekarang saya dan keluarga dari Jawa Barat.

Tentu banyak hal dan faktor yang saya pertimbangkan mengapa saya ingin kuliah di sana, salah satunya karena saya ingin lebih mandiri. Saya nantinya akan tinggal di sana di kost dan merasakan tantangan baru.

Singkat cerita, berkat kerja keras dan belajar selama berbulan-bulan, saya bisa lulus universitas dan hanya perlu mengirimkan dokumen fisik sebagai persyaratan untuk pendaftaran ulang.

Pihak universitas meminta untuk mengirimkan beberapa fotokopi dokumen seperti ijazah sekolah menengah, akta kelahiran, dll. melalui POS atau layanan pos.

kejadian

Karena saya ingin berhemat saat itu, saya memutuskan untuk menggunakan jasa ekspedisi yang namanya tidak populer sama sekali. Salah satu alasan saya saat itu adalah pihak penyedia jasa logistik menawarkan harga yang sangat terjangkau dengan garansi sampai besok.

Saya mulai mengemasi dokumen saya dan menelepon agen layanan kurir atau kurir untuk mengirimkan paket saya. Kami bertemu di satu tempat dan saya menyerahkan paket dan membayar ongkos kirim.

Awalnya tidak ada yang aneh sampai akhirnya saya masih belum mendapatkan nomor label parcel saya sampai keesokan harinya. Saya mencoba menghubungi kurir yang saya temui kemarin tetapi tidak ada jawaban.

Setelah mencari informasi di Internet tentang nama layanan ekspedisi, ternyata itu adalah perusahaan depan yang berkedok perusahaan truk, menipu banyak orang. Saya sangat panik saat itu, selain kerugian materi, saya juga telah memberikan data penting saya kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

penafsiran

Walaupun akhirnya saya bisa mengembalikan paket saya menggunakan jasa kurir terpercaya, Trawlbens, itu tentu menjadi pengalaman yang berharga. Melalui kejadian ini, saya belajar untuk selalu mempercayakan kebutuhan saya kepada entitas yang resmi dan dapat dipercaya.

Contoh teks tentang pendidikan

Saat ini saya bersekolah di salah satu sekolah favorit saya di kota saya. Meskipun saya bersekolah di kota, rumah saya di desa. Karena jaraknya terlalu jauh, saya pun menyewa pondok pesantren agar jarak ke sekolah bisa lebih dekat sehingga lebih menghemat waktu.

Namun, alih-alih bisa tiba lebih awal, saya sering meremehkan waktu. Jam masuk sekolah saya jam 7 pagi, tapi Pak Security seharusnya menutup gerbang jam 06:45.

Terkadang saya menghabiskan waktu terlalu lama untuk bersiap-siap di kost atau bangun kesiangan. Jadi tidak jarang saya kekurangan waktu di sekolah sebelum gerbang ditutup. Bisa dibilang saya cukup beruntung.

Namun, rasanya seperti hari Senin saat ini, dewi keberuntungan tidak berpihak padaku. Saya bangun terlambat dan menghabiskan waktu terlalu lama untuk mencari dasi untuk upacara karena saya mengucapkannya dengan sembarangan.

Sumber :