Pembahasan Lengkap Explanation Text “Flying Kites”

flying-kites

Teks eksplanasi lengkap bahasan “Layang-layang Terbang” dengan struktur umum

flying-kites

Teks eksplanasi lengkap pembahasan “Layang-Layang Terbang” dengan struktur umum – Halo sobat super SBI! Ini adalah teks yang menunjukkan kepada Anda bagaimana hal-hal seperti layang-layang bisa terbang. Uraian proses dalam naskah jenis ini disebut teks eksplanasi. Ada berbagai jenis teks bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk dipelajari siswa sekolah menengah dan teks penjelasan di salah satunya.

Bagaimana layang-layang terbang dengan baik, untuk memberikan contoh teks eksplanasi. Jenis teks adalah untuk menjelaskan dengan jelas bagaimana sesuatu diproses dan mengapa itu terbentuk. Explanatory text adalah jenis teks yang mirip dengan Procedure. Apa yang membedakan beting adalah cara mereka terstruktur.

Di satu sisi, struktur penjelasan teks berada dalam mode deskripsi. Ini berfokus pada hal yang dijelaskan. Di sisi lain, teks prosedural dibangun ke dalam mode instruksi dan pujian. Untuk alasan ini, prosedur kadang-kadang disebut sebagai instruksi teks. Ini berfokus pada orang kedua untuk menjelaskan bagaimana merancang sesuatu.

Dalam contoh saya sebelumnya, teks eksplanasi Bagaimana Jalan Romawi Dibangun diberikan untuk menunjukkan bagaimana teks eksplanasi memberikan indikasi yang jelas tentang mengapa sesuatu terbentuk. Bagaimana sesuatu itu didahului/dibentuk”, yang meliputi fungsi sosial teks eksplanasi.

Contoh berikut dirangkai kembali dari tulisan Jenny Eather. Sangat membantu untuk memahami teks eksplanasi dengan lebih baik.

Bagaimana layang-layang terbang?

Ilustrasi konten penjelasan untuk menerbangkan layang-layang

Apakah Anda tahu bagaimana layang-layang terbang? Jika Anda menulis untuk menggambarkannya, karya tulis Anda adalah

contoh konten klarifikasi:

Layang-layang adalah benda yang terbuat dari bahan ringan yang memanjang di atas lambung. Karena bahannya yang ringan, layang-layang terangkat dari tanah dan terbang ketika dimiringkan tertiup angin.

Layang-layang menggunakan angin untuk membuatnya terbang karena lebih berat dari udara. Pada titik di mana angin melewati permukaan layang-layang itu terbelah menjadi dua semburan udara. Satu aliran udara melewati layang-layang sedangkan aliran kedua mengalir di bawah layang-layang.

Bagian hulu membentuk daerah ringan di atas layang-layang. Aliran yang lebih rendah mengenai layang-layang di tempat yang datar dan menciptakan zona beban berat.

Area berbobot tinggi memiliki efek mendorong, sedangkan area berbobot rendah memiliki efek menarik. Perpaduan antara push and draw dapat menciptakan kekuatan yang cukup untuk mengangkat layang-layang ke udara.

Naga telah dikenal selama ribuan tahun. Mereka digunakan untuk tujuan militer atau eksperimental. Saat ini layang-layang banyak digunakan untuk relaksasi dan persaingan. Analisis Struktur umum teks eksplanasi

Dari contoh teks eksplanasi di atas, kita dapat melihat bahwa teks tersebut memiliki struktur umum sebagai berikut:

Pernyataan umum; Pengantar subjek dengan definisi singkat tentang naga.

Seperti layang-layang terbang

Deklarasi berurutan; Ini adalah elemen utama dari teks eksplanasi. Ini menjelaskan poin penting dari layang-layang. Penjelasan tentang bagaimana layang-layang terbang akan diberikan secara bergantian.

Layang-layang menggunakan angin untuk membuatnya terbang

Satu aliran udara melewati layang-layang sedangkan aliran kedua mengalir di bawah layang-layang.

Kombinasi push dan pull dapat menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mengangkat layang-layang.

Ini adalah contoh teks eksplanasi tentang bagaimana layang-layang bisa terbang. Apakah Anda punya ide sampel lain? Tentu saja ada banyak hal untuk ditulis dalam gaya penjelasan. Kuncinya adalah ketika esai mencoba menjawab bagaimana objek terbentuk atau mengapa objek muncul. Jika Anda menemukan dan membaca esai khas seperti di atas, ini jelas merupakan contoh teks eksplanasi jenis ini.

Sumber :