Laut adalah: Pengertian, Ciri, Keunggulan, Jenis, Kedalaman

Laut-adalah-Pengertian-Ciri-Keunggulan-Jenis-Kedalaman

Definisi laut
Buka baca cepat

Laut merupakan kombinasi air asin yang sangat luas dan luas di permukaan bumi dan berhubungan dengan lautan. Itu membelah dan menghubungkan satu benua ke benua lain dan satu pulau ke pulau lain. Air laut terdiri dari kombinasi 96,5% air murni dan 3,5% bahan lain seperti garam, gas campuran, bahan organik, dan unsur tidak tercampur. Sifat fisik terpenting air laut ditentukan oleh 96,5% air murni. Namun air laut di dunia memiliki salinitas yang berbeda. Air laut segar ditemukan di timur Teluk Finlandia dan utara Teluk Bothania, serta di sebagian Laut Baltik. Sedangkan yang memiliki air laut paling asin berada di Laut Merah.

Laut-adalah-Pengertian-Ciri-Keunggulan-Jenis-Kedalaman
Properti laut

Berikut ini adalah beberapa khasiat air laut yaitu:

Warna air laut

Biru karena pantulan, hijau karena sedimen atau lumpur, merah karena makhluk kecil berwarna merah.

Suhu air laut

Secara umum suhu air permukaan di perairan Indonesia berkisar antara 28 dan 30 ° C. Faktor meteorologi yang berperan disini yaitu curah hujan, penguapan ke udara, kecepatan angin dan intensitas penyinaran matahari.

Salinitas air laut

Berat total semua garam (dalam gram) dilarutkan dalam satu liter air. Distribusi salinitas dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pola sirkulasi air, penguapan, curah hujan, dan aliran sungai. Salinitas minimum berasal dari Kutub Utara yang tenggelam dan kemudian menyebar ke ekuator.
Baca lebih lanjut: Riset Pasar

Gelombang laut

Pergerakan (aliran) air laut dari satu tempat ke tempat lain secara merata dan teratur.

Penyebab arus laut: (a) pasang surut air laut akibat tarikan gravitasi bulan dan matahari, (b) adanya angin arah tetap, (c) perbedaan permukaan laut, (d) perbedaan salinitas air laut, (e) adanya hambatan berupa daratan.
Manfaat laut

Berikut ini adalah beberapa manfaat laut yaitu sebagai berikut:

Menjadi tempat wisata dan hiburan
Menjadi pembangkit listrik
Menjadi tempat tinggal berbagai jenis sumber makanan
Menjadi tempat keberadaan barang tambang
Menjadi jalur transportasi air
Menjadi salah satu lokasi penyimpanan air
Menjadi subjek studi dan peningkatan
Menjadi mata pencaharian bagi nelayan
Menyerap asam karbon
Menjadi IPO

Jenis laut

Berikut perbedaan jenis laut yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan terjadinya proses

Berdasarkan proses kemunculannya terdapat 3 jenis bagian diantaranya:

Lautan pelanggaran

Laut Transgresi adalah laut yang terjadi karena adanya transformasi permukaan laut yang positif. Contoh penyeberangan laut adalah Laut Jawa, Laut Arafuru dan Laut Utara.

Sea of ​​Invaders

Laut Ingress adalah laut yang terjadi karena daratan di dasar laut menyusut, sehingga laut sering disebut sebagai laut darat yang turun. Contoh lubang laut adalah Lubuk Sulu, Lubuk Sulawesi, dan Lubuk Karibi.

Laut regresi

Laut regresi adalah jenis lautan yang menyusut. Penyusutan terjadi karena adanya bebatuan seperti pasir, lumpur, dan sedimen lain yang terbawa sungai yang terhampar di hilir lautan.
2. Berdasarkan lokasinya

Tergantung lokasinya, ada 3 jenis suku cadang termasuk:

Pantai

Laut teritorial adalah laut yang berada di tepi sebuah benua dan seolah-olah terpotong oleh pulau-pulau darat atau semenanjung dari lautan luas. Contoh laut teritorial adalah Laut Cina Selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.

Laut abad pertengahan

Laut Abad Pertengahan adalah laut antar benua. Lautnya dalam dan memiliki rangkaian pulau. Contoh dari Mediterania adalah benua Afrika-Asia dan Eropa.
Baca lebih lanjut: Hipotesisnya adalah

Laut pedalaman

Laut pedalaman adalah laut yang dekat dengan segala sesuatu di sekitar daratan. Contoh laut pedalaman adalah Laut Hitam.
3. Berdasarkan kedalamannya

Ada 4 jenis part berdasarkan kedalamannya diantaranya:

Zona litoral

Zona litoral adalah daerah pesisir atau pesisir. Di kawasan ini terendam air pada saat air pasang dan dialihfungsikan menjadi daratan saat air surut.

Zona neritik

Zona Neritic adalah garis batas zona intertidal hingga kedalaman 150 m.

Zona Bathyal

Zona Bathyal merupakan wilayah laut dengan kedalaman kurang lebih 150 sampai dengan 1.800 m.

 

BACA JUGA :