Legenda itu berbunyi: Pengertian menurut ahli, jenis, contoh

Legenda-itu-berbunyi-Pengertian-menurut-ahli-jenis-contoh

Definisi legenda

Legenda adalah cerita rakyat di mana tawarannya paling besar. Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain legenda juga merupakan tempat migrasi yang dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain sehingga dikenal luas di berbagai daerah. Selain itu, menurut Alan Dundes, jumlah legenda dalam budaya manapun jauh lebih banyak daripada mitos atau dongeng. Hal ini disebabkan adanya mitos yang hanya memiliki jenis dasar yang terbatas, seperti penciptaan dunia

Legenda-itu-berbunyi-Pengertian-menurut-ahli-jenis-contoh

atau bahkan asal mula kematian, tetapi legenda ini memiliki tipe dasar yang tidak terbatas, terutama legenda lokal, yang jauh lebih banyak daripada legenda yang dapat merantau dari satu daerah ke daerah lain. Begitu juga jika dibandingkan dengan dongeng. Dongeng yang akan berkembang saat ini sebagian besar merupakan versi dari dongeng yang sudah ada yang tidak baru.

Legenda menurut para ahli mengerti

Menurut Pudentia

Legenda adalah sebuah cerita yang diyakini oleh sebagian penduduk setempat yang benar-benar terjadi tetapi tidak suci atau suci yang juga membedakannya dari mitos tersebut.

 

Menurut Hooykaas

Legenda adalah dongeng tentang sesuatu yang didasarkan pada cerita yang mengandung sesuatu yang gaib atau gaib yang artinya supranatural.

Menurut Emies

Legenda adalah setengah cerita kuno berdasarkan sejarah dan setengah lainnya berdasarkan angan-angan.

Jenis legenda

Adapun berbagai jenis legenda diantaranya:
A. Legenda agama

6 Legenda orang-orang kristen, orang-orang saleh, wali yang menyebarkan agama islam. Salah satu contohnya adalah cerita tentang Wali Sanga di Jawa yang banyak berkembang di masyarakat. Selain itu, ada juga peninggalannya yang berupa kuburan dan disebut keramat. Berkaitan dengan legenda jenis ini, jika kita perhatikan pengelompokannya yang sering dilaporkan oleh Rusyana dkk. Yang dilakukan salah satunya termasuk dalam kelompok legenda agama ini, yakni di mana legenda tentang penyebaran Islam itu berada.
B. Legenda Kekaisaran Gaib

Biasanya juga dalam bentuk cerita yang dipandang benar-benar terjadi atau yang juga dialami oleh seseorang. Fungsi legenda semacam itu adalah untuk mengkonfirmasi kebenaran takhayul dan kepercayaan orang-orang.

Legenda dunia tak kasat mata ini akan merujuk pada realitas di luar dunia nyata, namun di sekitar kita misalnya keberadaan makhluk gaib, hantu, setan atau tempat yang memiliki kekhasan tersendiri, misalnya desa yang bisa menghilang atau yang lainnya.
C. Legenda individu

Legenda yang menceritakan tentang tokoh-tokoh tertentu yang dianggap benar-benar terjadi oleh pemilik cerita. Jika kita melihat legenda kelompok ini atau membandingkannya dengan pengelompokan legenda menurut Rusyana dkk. Membandingkannya termasuk dalam kelompok kedua, yaitu legenda para pahlawan masyarakat atau pembangunan budaya.

Keduanya sering disebut demikian, dengan pertimbangan bahwa kedua kelompok tersebut dapat bercerita tentang tokoh-tokoh maupun tentang orang-orang yang telah melakukan sesuatu yang masih dianggap benar oleh masyarakat.
D. Legenda lokal

Cerita yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat atau bentuk dari tofografinya yaitu bentuk permukaan suatu daerah, apakah berbukit, berbukit atau sebaliknya.

Dalam legenda lokal ini, legenda itu paling banyak jumlahnya. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, hal terpenting bagi penelitian sejarah adalah bahwa tradisi lisan bukanlah kebenaran fakta.

Sulit untuk menemukan kebenaran fakta, terutama dalam sumber tertulis, karena kemungkinan besar cerita tersebut pada awalnya akan diketahui masyarakat yang belum mengenal tradisi menulis.

Nyatanya, cerita-cerita itu sarat dengan hal-hal yang nampaknya sulit atau tidak rasional. Misalnya tokoh Sangkuriang yang lahir dari seekor binatang.

Yang terpenting bagi kami adalah masyarakat Indonesia sudah lama memiliki kesadaran akan pengalaman masa lalu mereka.

 

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/