Cara Paling Mudah Membuat Google Form di Ponsel dan PC

Cara-Paling-Mudah-Membuat-Google-Form-di-Ponsel-dan-PC

Di dunia nyata, bentuk itu penting. Selain itu, dunia maya sedemikian rupa sehingga Anda harus membuat formulir google untuk tujuan yang berbeda.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, Google telah menjadi mesin pencari terpopuler. Tak hanya itu, banyak produk yang dirilis pihaknya agar lebih mudah digunakan.

 

Cara-Paling-Mudah-Membuat-Google-Form-di-Ponsel-dan-PC

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://archiville.org/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Contohnya salah satu produk yang sudah ada sejak 2008 adalah Google Form. Tidak heran jika banyak yang mencari cara untuk membuat Google Form.

Karena dengan bentuk ini banyak kegunaan yang bisa dicapai. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tutorial tentang membuat formulir Google.

Apa itu Formulir Google?

Produk ini milik google untuk memenuhi persyaratan pengisian berbagai formulir secara online. Yang unik adalah Anda bisa menikmati layanan ini tanpa biaya tambahan apapun alias gratis.

Dengan layanan produk ini Anda dapat membuat formulir online, kuesioner, pendaftaran atau survei online.

Selain itu, Anda dapat membantu pelanggan berlangganan buletin dengan mengumpulkan email mereka. Secara keseluruhan, layanan ini sangat berguna di sejumlah area.

Padahal, jika Anda memiliki bisnis atau bisnis online, layanan ini sangat menguntungkan untuk digunakan sebagai penunjang bisnis.

Misalnya, Anda ingin meningkatkan kualitas layanan dan menentukan kepuasan pelanggan terhadap produk yang telah Anda jual dan beli.

Secara sederhana, Anda dapat menjalankan survei yang dapat diisi pelanggan dengan mudah melalui layanan Formulir Google ini.

Bahkan, Anda juga dapat melaporkan produk atau pembaruan apa pun yang bermanfaat bagi pelanggan melalui buletin.

Apalagi jika Anda menggabungkannya dengan penggunaan WordPress. Sehingga manfaat dari layanan ini akan jauh lebih terasa.

Cara melakukan layanan ini di laptop atau PC

Pertama-tama tentunya Anda perlu mengetahui cara membuat form ini berdasarkan jenis perangkat yang Anda gunakan. Salah satunya adalah PC atau laptop. Saat menggunakan perangkat ini, lakukan hal berikut:

  • Pertama, pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail atau Google yang sudah terhubung ke perangkat. Jika tidak, buat dan masuk atau hubungkan terlebih dahulu.
  • Lalu pergi ke halaman ini: https://docs.google.com/forms/u/0/. Di sana Anda akan dibawa ke pilihan template berbeda yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.
  • Jadi pilih apa yang ingin Anda lakukan dengan layanan tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak pilihan layanan yang bisa Anda coba. Setelah dibuat, Anda dapat melakukan review terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada orang lain.

Manfaat Menggunakan Layanan Formulir Google

Sekarang Anda telah mempelajari cara membuat formulir google. Tidak ada salahnya menggali manfaat layanan ini, yaitu:

Ini lebih ekonomis: bayangkan Anda harus membagikan dan mencetak kuesioner tradisional atau formulir pendaftaran. Ini pasti lebih mahal. Sementara itu, penggunaan layanan ini lebih ekonomis dan praktis. Yang Anda butuhkan hanyalah akun dan layanan internet. Setelah Anda membuat formulir, yang perlu dilakukan hanyalah membagikannya secara online.
Nyaman dan Cepat: Poin di atas pasti sudah menjelaskan seberapa praktis membangun dan bagaimana menggunakan layanan ini, bukan? Selain itu, Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan layanan ini. Karena yang harus Anda lakukan hanyalah mengakses Google Drive dan membuat formulir baru.
Penyimpanan data yang aman: Jangan khawatir tentang kebocoran data yang sering terjadi saat menggunakan layanan online. Berhubung hal ini perlu diminimalisir oleh Google sebagai salah satu raksasa di dunia, maka Google dipastikan akan menggunakan keamanan yang mutakhir dan canggih.

Fungsi yang tersedia

Beranjak ke pembahasan lainnya, Anda juga perlu mengetahui fitur apa saja yang disediakan untuk memaksimalkan layanan ini yaitu:

Ringkasan: Ringkasan atau kesimpulan yang dihasilkan oleh layanan ini bersifat otomatis. Oleh karena itu, hasil data yang dikumpulkan berdasarkan pola respon dari pengguna ditampilkan dalam bentuk grafik atau grafik. Karenanya, sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan hasil survei yang telah Anda lakukan.
Drag and Drop: Seperti namanya, fitur ini memudahkan pengguna untuk menarik dan melepas file atau objek ke satu tempat. Jadi jika Anda ingin menambahkan sesuatu ke formulir Anda, cukup seret dan lepas ke bidang yang tersedia.

Validasi Jawaban: Fitur ini memungkinkan Anda dengan mudah merutekan tanggapan dari responden berdasarkan kriteria yang diinginkan. Jadi, Anda hanya membalas menurut format balasan yang Anda tentukan. Misalnya, berapa panjang jawabannya? Atau Anda hanya menginginkan jawaban yang tidak menyimpang dari suatu topik. Nah fungsi ini bisa dimaksimalkan.

Logika Bercabang: Ketika pertanyaan survei Anda membutuhkan banyak jawaban. Misalnya, apakah Anda menanyakan pekerjaan responden atau tidak? Jika mereka menjawab ya, pertanyaannya beralih ke jenis mata pelajaran yang diajarkan atau sejenisnya. Jika responden menjawab tidak, Anda dapat mengalihkan pertanyaan lain yang tidak terkait dengan pekerjaan ini.

Hasil Real-Time: Tidak ada penundaan dalam menyajikan hasil survei Anda saat menggunakan layanan ini. Ketika responden menjawab, sistem langsung menampilkan hasil survei. Meskipun hasilnya dalam waktu nyata, Anda dapat mengekspor data nanti setelah semua tujuan tercapai. Sehingga semua hasil bisa ditampilkan dan datanya bisa diakses oleh Anda.

Cara Membuat Google Form di HP

Pengguna HP tidak perlu khawatir. Anda tetap dapat menyediakan berbagai fungsi untuk layanan ini. Triknya adalah:

Seperti biasa, pastikan Anda sudah memiliki akun Google dan sulit untuk terhubung ke ponsel Anda.
Masukkan tautan ini: https://docs.google.com/forms/u/0/. Anda akan menerima pilihan template yang dapat digunakan untuk menggunakan layanan ini.
Lakukan perubahan pada konten formulir yang Anda pilih. Sesuaikan judul, isi formulir dengan pertanyaan berbeda, atau tambahkan video dan foto tertentu. Sebelum menyebar, pastikan dulu semua data sudah benar.

Cara membuat kuesioner di Google Formulir

Kuisioner juga menjadi salah satu fitur yang dapat diaktifkan saat menggunakan layanan ini. Anda dapat menggunakan prosedur berikut sebagai panduan untuk membuat kuesioner:

  • Pertama, masuk ke akun Google Anda dan cari halaman Google Drive.
  • Kemudian ketuk tanda plus berwarna untuk menambahkan halaman baru. Pilih Lainnya – Formulir Google.
  • Setelah masuk ke halaman formulir, edit kuesioner yang ingin Anda buat. Di judul, masukkan judul. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan ke kuesioner, lihat di toolbox dan klik ikon Tambah.
  • Kemudian masukkan informasi yang diperlukan. Kemudian klik Buat Formulir. Nanti, Anda dapat menggunakan tautan formulir untuk berbagi dengan orang lain dan menghasilkan respons yang diharapkan.

Demikian penjelasan dan tutorial membuat google form. Sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk mencoba layanan ini jika Anda membutuhkannya.

Lihat Juga : https://archiville.org/sejarah-archiville/