10 Miliarder Dunia yang Berasal dari Keluarga Miskin

miliarder-keluarga-miskin

10 Orang Ini Berhasil Menjadi Miliarder Meski Berasal Dari Keluarga Miskin

miliarder-keluarga-miskin

Anda tidak harus berasal dari keluarga kaya untuk menjadi sukses di dunia. Banyak miliarder dunia sebenarnya berasal dari keluarga miskin.

Berawal dari kemiskinan, kini mereka telah berhasil meraih gelar miliarder. Untuk menjadi miliarder Anda harus memiliki kekayaan bersih minimal $1 miliar atau sekitar Rp14,4 triliun. Bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Tetapi para miliarder ini tidak menjadikan latar belakang keluarga sebagai alasan untuk berhenti berkelahi. Berkat kerja keras dan sikap gigih, mereka pun berhasil mencapai puncak kesuksesan dalam hidup.

Penasaran siapa sosok miliarder tersebut? Simak daftar berikut yang dikutip dari Liputan 6.

1. J.K. Rowling

Apakah Anda penggemar novel Harry Potter? Sosok penciptanya, yakni Joanne Rowling atau J. K. Rowling, tentu sudah tidak asing lagi.

Dari seri novelnya, J. K. Rowling berhasil menjadi salah satu penulis tersukses sepanjang masa. Ia dikatakan memiliki kekayaan sebesar $1 miliar (14,4 triliun rupee).

Hidupnya tidak dimulai dengan mudah. Lebih dari 20 tahun yang lalu, ketika dia baru mulai menulis Harry Potter, dia dan putranya menjalani kehidupan yang sangat miskin. Mereka bergantung pada bantuan pemerintah untuk bertahan hidup.

Namun berkat kerja keras dan kegigihannya, Rowling pun berhasil menyelesaikan novel pertamanya Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Ia tidak menyerah, meski novel ini ditolak oleh hampir semua penerbit.

2. Oprah Winfrey

Siapa yang tidak kenal dengan karakter Oprah Winfrey? Oprah adalah presenter, aktris, manajer media, dan filantropis yang sangat terkenal. Dia memiliki acara bincang-bincang sendiri yang telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun.

Oprah tumbuh dalam keluarga yang sangat miskin. Saking malangnya, Oprah kecil harus membawa karung yang dulunya merupakan wadah kentang sebagai pakaian.

Tumbuh dewasa, Oprah bermimpi menjadi pembawa acara talk show. Dia juga berhasil menjadi reporter berita di Tennessee.

Seiring berjalannya waktu, karier Oprah terus menanjak. Dia berhasil memiliki talk show sendiri. Perusahaan yang terdiri dari pengusaha mulai membayarnya jutaan dolar.

Dia juga berinvestasi di perusahaan media, dan kekayaan bersihnya sekarang mencapai $ 2,9 miliar, atau sekitar Rs 41,9 triliun.

3. Roman Abramovich

Penggemar sepak bola perlu tahu karakter yang satu ini. Roman Abramovich adalah pemilik klub sepak bola Inggris Chelsea F.C. Ia juga seorang pengusaha yang bekerja di industri minyak.

Namun sebelum itu, kisah hidup Roman cukup mengkhawatirkan. Ia lahir dalam kemiskinan di Rusia selatan. Dia menjadi yatim piatu pada usia 2 tahun. Dia kemudian dibesarkan oleh pamannya.

Tidak patah semangat, Abramovich berhasil belajar di Moscow Auto Transport. Selama studi di sana, ia mendirikan sebuah perusahaan kecil untuk pembuatan mainan plastik.

Hal ini memperluas pengetahuannya di industri perminyakan hingga akhirnya masuk ke industri tersebut. Roman telah berhasil menandatangani perjanjian bisnis dengan Gazprom, sebuah perusahaan gas alam.

Kesepakatan itu memungkinkan Abramovich menjadi salah satu pemilik perusahaan minyak terbesar keempat di dunia. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai $8,2 miliar atau sekitar Rs118,5 triliun.

4. Howard Schultz

Anda pasti akrab dengan perusahaan Howard Schultz. Ya, dia adalah CEO Starbucks. Schultz disebut-sebut memiliki kekayaan bersih $2 miliar atau Rp 28,9 triliun.

Bahkan, ia dibesarkan di perumahan yang dibangun untuk orang miskin. Namun, karena kemampuan atletiknya yang baik, ia berhasil mendapatkan beasiswa sepak bola ke University of Northern Michigan.

Setelah lulus, ia mengambil alih sebuah kedai kopi kecil yang kemudian ia kembangkan menjadi Starbucks seperti yang dikenal sekarang. Saat ini Starbucks memiliki ribuan gerai di seluruh dunia.

5. Leon Charney

Leon Charney adalah seorang investor dan pakar geopolitik di Timur Tengah. Leon memulai hidupnya dalam kemiskinan. Namun ia bekerja keras mempelajari ekonomi dan politik Timur Tengah hingga akhirnya menjadi ahli.

Kemudian dia mulai menawarkan bimbingan belajarnya secara gratis. Baru kemudian dia mulai berinvestasi di tempat yang tepat. Sejak saat itu, kekayaannya terus bertambah.

Kini ia memiliki kekayaan $1,3 miliar atau Rp18,7 triliun. Di masa lalu, ia memulai karir investasinya hanya dengan $ 200 (2,8 juta rupee).

6. Kenneth Langone

Kenneth Langone adalah seorang jenius bisnis. Dia memiliki 2 perusahaan yang dia bangun dari 0. Salah satunya adalah Home Depot, salah satu toko peralatan rumah tangga terbesar di Amerika Serikat.

Sebelum sukses seperti sekarang, Ken berasal dari keluarga miskin

7. Kirk Kerkorian

Kerkorian merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam bisnis hotel dan resort. Padahal dia bahkan tidak sekolah sebelumnya dan memutuskan untuk menjadi petinju. Dia menggunakan hasil kemenangannya untuk bertahan hidup.

Setelah itu, Kerkorian, yang berasal dari keluarga Armenia, bertugas di Royal Air Force selama Perang Dunia II.

Setelah perang berakhir, ia kembali ke Las Vegas dan membangun beberapa hotel dan resor terbesar. Kerkorian juga berhasil keluar dari kemiskinan. Dia memiliki aset sekitar $ 3,9 miliar (Rp 56,3 triliun).

8. Kenny Trout

Kenny adalah pemilik perusahaan telekomunikasi. Ia dikatakan memiliki kekayaan sebesar $1,7 miliar atau sekitar Rp24,5 triliun.

Sebelum dia sukses, dia harus bekerja keras hanya untuk bertahan hidup dan membayar pendidikannya. Salah satunya pernah menjadi penjual asuransi jiwa untuk kuliah di University of Southern Illinois.

Setelah lulus, ia memulai perusahaan telekomunikasi bernama Excel Communications pada tahun 1988. Perlahan tapi pasti ia mampu membawa perusahaannya ke publik pada tahun 1996.

Hingga akhirnya perusahaan tersebut berkembang dan pada tahun 1998 berhasil bekerja sama dengan perusahaan lain dalam kesepakatan senilai $3,5 miliar, atau rupee 50,5 triliun.

9. Shahid Khan

Khan adalah pemilik perusahaan otomotif Flex-N-Gate. Dia juga pemilik tim olahraga Jacksonville Jaguars.

Khan adalah seorang imigran dari Pakistan. Dia pindah ke Amerika Serikat tanpa menghabiskan banyak uang. Setelah di AS, ia harus tinggal dengan YMCA, sebuah organisasi non-pemerintah dengan bayaran $60 (rupee 867.000) per bulan.

Dia bekerja mencuci piring. Dia kemudian menyimpan hasil karyanya untuk memulai sebuah perusahaan otomotif. Berkat kerja kerasnya, ia juga berhasil mengembangkan bisnis otomotifnya menjadi perusahaan miliaran dolar.

10. John Paul DeJoria

DeJoria memiliki bakat kewirausahaan dalam darahnya sejak kecil. Dia sudah terbiasa menjual kartu saat Natal dan menjual koran sejak dia berusia 10 tahun. Dengan uang itu dia mendukung kelangsungan hidup keluarga.

Sangat miskin sehingga orang tua DeJoria tidak bisa lagi memberi makan anak itu. Dia dikirim ke keluarga angkatnya.

Jalan hidup DeJoria tidak selalu mulus. Tumbuh dewasa memberinya waktu untuk bergabung dengan geng sebelum akhirnya pergi berperang.

Sekembalinya dari perang, ia berhasil mengambil pinjaman sebesar $ 700, atau sekitar 10 juta rupee. Ia juga mendirikan John Pau Shampoo, yang awalnya dijual dari pintu ke pintu.

Pelan tapi pasti, karir bisnisnya menanjak. Dia mampu membangun bisnis pelindung tequila dan menjadi miliarder.

Sumber :