Pengertian Cepat Rambat Bunyi, Rumus, Faktor, Cara Kerja dan Contoh

Pengertian-Cepat-Rambat-Bunyi,-Rumus,-Faktor,-Cara-Kerja-dan-Contoh

Definisi suara

Suara adalah metode fisik yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tidaklah mengherankan jika suara merupakan materi yang terus dipelajari dan dikembangkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

 

Pengertian-Cepat-Rambat-Bunyi,-Rumus,-Faktor,-Cara-Kerja-dan-Contoh

Definisi perambatan suara dengan cepat

Suara adalah hasil dari suatu benda yang bergetar. Suara merupakan gelombang longitudinal karena perambatannya berlangsung dalam bentuk massa jenis dan juga molekul udara yang terus bergerak maju mundur. Suara ditransmisikan melalui media yang terdiri dari padatan, cairan, dan gas.

Suara ini ditransmisikan melalui udara dengan kecepatan tertentu, sehingga butuh waktu untuk mencapai pendengar.

Pergerakan suara di udara adalah lintasan gelombang yang dilacak pada kecepatan tertentu.

Kecepatan rambat suara adalah jarak yang dapat ditempuh oleh suara per satuan waktu dan yang memiliki rumus perambatan suara cepat sebagai berikut: V = s: t.

Informasi v = perambatan suara cepat (m / s)

S = jarak yang ditempuh

T = waktu tempuh

Contoh masalah Sound Creep Quick

Contoh soal 1

Ledakan bom terdengar dua detik kemudian. Berapakah laju perambatan suara di udara pada saat ini jika jarak antara cracker dan pengamat adalah 4,2 km? (Kecepatan cahaya di udara dapat diabaikan).

Dikenal:

t = 2 dtk

s = 4.2 km

ditanya: v =….?

menjawab:

V = s: t

= 4.200 m: 2 s = 1.200 m / s

Contoh soal 2

Suatu hari terjadi kilatan petir dan lima detik kemudian terdengar suara ketawa. Ketika level suara di udara adalah 340 m / s dan level cahaya jauh lebih tinggi dari level suara. Seberapa jauh sumber pendengar Guntur?

Balasan:

Waktu yang dibutuhkan cahaya dari sumber flash ke pengamat (T1) = jarak / kecepatan, karena level cahaya sangat tinggi, T1 dianggap 0 (nol), yaitu waktu yang dibutuhkan dari sumber flash ke pengamat (t) = 10 detik.

s = v x t
= 340 x 5
s = 1.700 m

Kemudian jarak petir ke pengamat adalah 1.700 meter.

Faktor yang tidak mempengaruhi kecepatan suara di udara adalah tekanan udara. Independen dari tekanan udara dengan tingkat suara yang sama.

Rumus Persamaan Suara Creep Cepat

V = Fxh

Informasi;
V = perambatan suara cepat (m / s)
F = frekuensi suara (Hz)
h = lambda / panjang gelombang (m)

Formula Suara Creep Cepat

Saat membahas gelombang, waktu yang dibutuhkan untuk gelombang adalah periode t = T, sedangkan jarak gelombang kemudian s = λ:

Informasi:
v = perambatan gelombang suara cepat (m / s)

s = jarak tempuh gelombang suara (m)

λ = panjang gelombang suara (m)

t = waktu yang dibutuhkan

f = frekuensi (Hz)

T = periode

Kategori Suara Creep Cepat

Sedangkan frekuensi suara dibagi menjadi tiga kategori:

  1. Suara infrasonik (di bawah 20 Hz)
  2. Audiosonik adalah frekuensi pendengaran manusia antara 20 Hz dan 20.000 Hz
  3. Ultrasonografi dengan kekuatan lebih dari 20.000 Hz

Faktor Suara Creep Cepat

Kekuatan dan intensitas suara ditentukan oleh empat faktor:

  1. Amplitudo: penyimpangan getaran dari titik kesetimbangan
  2. Jarak antara sumber suara dan pendengar
  3. Resonansi adalah peristiwa di mana satu benda bergetar saat benda lain bergetar
  4. Bidang reflektif atau reflektor

Dalam rumus untuk perambatan suara yang cepat, ini juga disebut sebagai resonansi. Ini adalah keadaan getaran suatu benda yang disebabkan oleh getaran benda lain di dekatnya. Untuk pantulan suara, metode pengukurannya menggunakan kedalaman kolam, danau dan juga laut.

Bagaimana Sound Creep bekerja dengan cepat

Saat Anda melihat kilatan petir, Anda mungkin ingin segera mendengar nada parsial.

Suara yang terjadi setelah sambaran petir dapat terjalin karena perambatan gelombang petir, yang resonansinya kurang dari kecepatan rambat sinar.

Suara yang merambat melalui media transmisi daya menyebabkan munculnya suara yang menggelegar.

Tentu saja, suara memiliki perambatan petir yang berbeda di media yang berbeda.

Misal salah satu jenis media adalah gas, cair dan padat, maka diantara ketiga media yang menyebar sangat cepat tersebut adalah padat.

Hal ini karena jarak antar molekul zat padat ini lebih dekat dibandingkan dengan zat lain. Faktanya, transmisi suara ke setiap molekul menjadi lebih cepat.

Perhitungan Suara Creep Cepat

Suhu udara, yang panas atau sangat dingin, dapat mempengaruhi kecepatan suara yang terpasang di udara. Semakin rendah suhu udara, semakin cepat penyebaran suara dapat berkembang.

Ini karena partikel udara lebih banyak. Misalnya semacam nada jam yang berbunyi cukup nyaring saat memakai kayu dibandingkan tidak memakai kayu. Tidak ada suara yang terdengar di zona vakum.

Ini karena, untuk menghasilkan suara, dibutuhkan impuls produk antara seperti perangkat untuk mengirimkan suara.

Baik dengan pemompaan zat cair, padat atau gas. Kebisingan yang ditimbulkan oleh tekanan media dapat mengalami refleksi, interferensi, habituasi, dan difraksi.

Peristiwa ini menegaskan bahwa suara yang merambat adalah gelombang mekanis. Jadi ini menimbulkan hukum yang sangat diperlukan tentang suara.

Artinya, karena suara adalah gelombang mekanis, hal ini menciptakan hukum yang berarti bahwa suara hanya dapat bergerak melalui medium.

Terdiri dari padatan, gas dan cairan. Jadi flash propagasi suara ini tidak terjalin ketika berada dalam ruang hampa. Biasanya proses ini hanya terjalin kuat dalam zat padat, baru kemudian dapat terjalin dalam zat cair dan gas.

Posisi Sound Creep Flash untuk penggunaan sehari-hari

Lokasi dari Sound Creepy Lightning sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari. Konon, ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi waktu siang dan malam para nelayan.

Tidak hanya itu, berkat penyebaran suara ini, orang dapat mendengar suara dengan lebih jelas pada malam hari dibandingkan pada siang hari. Pasalnya, kepadatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan pada siang hari.

Baca Juga: