Ekspansi – Pengertian, Jenis dan Contohnya

pengertian-ekspansi

Definisi Ekspansi

pengertian-ekspansi

Istilah pemekaran ini sangat sering digunakan dalam segala macam bidang ilmu, seperti; politik, ekonomi, dan fisika. Namun demikian, tentunya kata “ekspansi” memiliki arti umum yang menjadi dasar penggunaannya dalam bidang ilmu tertentu.

Secara umum yang dimaksud dengan pemekaran ini adalah proses atau tindakan yang dilakukan agar sesuatu menjadi lebih besar atau lebih luas. Secara etimologis, kata “ekspansi” berasal dari bahasa latin “expandere” yang kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris, yaitu “ekspansi” (akar kata “memperluas”) yang artinya menyebar.

Menurut Kamus Cambridge, kata perluasan berarti upaya untuk meningkatkan ukuran, jumlah, atau kepentingan. Dengan kata lain, istilah “ekspansi” mengacu pada tindakan untuk membuat sesuatu bertambah atau bertambah.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pemekaran memiliki beberapa pengertian, tergantung dari bidang ilmu atau konteks yang dibicarakan. di bawah ini adalah penjelasan tentang pengertian pemekaran yang diartikan oleh KBBI, antara lain;

Ekonomi: ekspansi ini adalah proses perluasan peredaran uang ke dalam peredaran.
Fisika: pemuaian ini merupakan proses pemuaian (terutama gas dan uap), pada gas terjadi pemuaian bila dipanaskan.
Politik: Pemekaran ini merupakan proses perluasan wilayah suatu negara, yaitu dengan menduduku (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain; yaitu pemekaran wilayah.

Di atas telah dijelaskan tentang apa itu pemekaran, baik secara umum maupun juga dalam beberapa bidang ilmu. Nah, bagi pebisnis pemula tentunya perlu juga memahami istilah ini, mulai dari pengertian dan juga jenis ekspansi di bidang ekonomi dan bisnis.

Ekspansi Ekonomi

Secara umum yang dimaksud dengan ekspansi di bidang ekonomi adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi serta pertumbuhan dunia usaha.

Mengacu pada kamus Bank Indonesia, ekspansi ekonomi tersebut merupakan perkembangan ekonomi dalam pola konjungtif. Dalam hal ini, pola konjungtif merupakan proses naik turunnya kemajuan serta kemunduran ekonomi yang terjadi secara bergantian.

Biasanya perkembangan ekonomi ini ditandai dengan peningkatan harga, peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat, peningkatan produksi, dan juga peningkatan konsumsi.

Ekspansi bisnis

Secara umum yang dimaksud dengan ekspansi usaha adalah segala macam kegiatan atau kegiatan untuk memperbesar atau juga memperluas jaringan usaha suatu perusahaan, baik dari sisi produksi maupun dari sisi distribusi.

Untuk dapat melengkapi penjelasan mengenai ekspansi bisnis, maka perlu mengacu pada pendapat beberapa ahli diantaranya:

1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Menurut OJK, yang dimaksud dengan ekspansi adalah kegiatan atau kegiatan memperbesar atau juga memperluas usaha yang ditandai dengan perluasan fasilitas, penciptaan pasar baru, rekrutmen pegawai, dan lain-lain. Ekspansi ini dapat atau dapat diartikan sebagai peningkatan aktivitas ekonomi serta pertumbuhan dunia usaha.

2. Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, ekspansi ini merupakan proses penambahan modal, baik modal tetap maupun modal kerja dalam suatu perusahaan.

3. Alex S. Nitisemito

Pengertian ekspansi perusahaan adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk dapat meningkatkan ukuran perusahaan (yaitu kapasitas produksi yaitu cakupan pasar) yang disebabkan oleh adanya peningkatan permintaan terhadap suatu produk yang dihasilkan.

4. Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti

Menurut Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti, ekspansi ekonomi ini merupakan proses perluasan usaha dengan cara menambah modal baru, menambah kapasitas pabrik, menambah unit produksi, atau juga merger dan akuisisi.

Ekspansi Pasar

Perluasan pasar ini sebagai upaya penetrasi pasar baru yang dilakukan oleh suatu perusahaan yaitu produknya. Ini dilakukan dengan menjangkau pasar yang ada atau yang sudah ada di titik geografis baru sehingga pengguna baru akan mengetahui dan menggunakan produk tersebut.

Ekspansi Kredit

Ekspansi kredit ini sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kredit kredit dari Bank. Pengertian ekspansi kredit adalah kegiatan atau kegiatan untuk menambah jumlah kredit. Kredit sendiri adalah pemberian uang atau tagihan berdasarkan perjanjian pinjaman dan pinjaman antara bank dengan pihak lain yang mengharuskan peminjam untuk dapat melaksanakan sejumlah bunga sebagai imbalan.

Jenis Ekspansi dalam Bisnis

Dalam bidang bisnis, terdapat berbagai jenis atau tipe ekstensi yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Berikut penjelasan singkat tentang berbagai jenis pemekaran, diantaranya sebagai berikut:

1. Fusi

Penggabungan ini merupakan penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu entitas. Ini merupakan upaya ekspansi bisnis dimana perusahaan dominan tetap mempertahankan identitasnya sedangkan bagi perusahaan yang lemah identitasnya semakin menghilang.

2. Akuisisi

Akuisisi ini merupakan pengambilalihan saham atau aset suatu perusahaan oleh sekelompok investor. Ekspansi jenis ini biasanya dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau untuk memastikan produk terserap pasar.

3. Pengambilalihan yang bermusuhan

Hostile Take Over adalah bentuk pengambilalihan bisnis secara paksa. Upaya ekspansi dilakukan dengan membuka penawaran saham perseroan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar.

4. Pembelian dengan Leverage

Leveraged buy out adalah upaya untuk mengendalikan suatu perusahaan dengan cara meminjam uang (hutang) untuk membeli perusahaan lain.

8 Strategi Efektif untuk Melakukan Ekspansi Bisnis

Buatlah rencana yang dipersiapkan dengan baik

Sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis Anda, buatlah rencana secermat mungkin. Ini pasti akan membantu Anda agar Anda tidak kehilangan kendali atas bisnis Anda sebelumnya. Meskipun demikian, rencana yang matang dapat atau dapat memudahkan Anda untuk menentukan kemana bisnis baru akan pergi nanti.

Menambahkan produk dan layanan baru

Bisnis Anda mungkin sudah memiliki produk dan layanan andalan yang memiliki banyak konsumen. Namun, tidak ada salahnya menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya. Cara ini bisa atau bisa dilakukan dengan memberikan antar muka pada bisnis Anda, yaitu dengan berpindah ke jalur yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Promosi aktif

Bisa jadi, dengan perluasan bisnis ini, produk yang dikeluarkan bisa sebaik atau bahkan lebih baik dari produk dari bisnis sebelumnya. Namun, tidak akan ada yang tahu jika Anda tidak menunjukkannya kepada konsumen. Anda perlu menjelaskan mengapa produk tersebut adalah yang terbaik dan mendorong konsumen untuk ingin menggunakannya. Ini mungkin atau tentu saja dapat dilakukan melalui promosi.

Mencari pasar sasaran baru

Tentu saja, jika perusahaan Anda mengembangkan produk dan layanan yang berbeda dari bisnis sebelumnya, Anda harus menarik konsumen yang berbeda dan juga menyesuaikan produk tersebut. Namun demikian, menemukan target pasar baru bukan berarti Anda tidak bisa atau tidak bisa menemukan target pasar untuk produk sebelumnya. Jika Anda yakin akan mengembangkan bisnis Anda, Anda tetap dapat memasarkan produk lama di berbagai area. Strategi ekspansi ini harus dapat menemukan target pelanggan lain yang sesuai dengan produk dan layanan Anda.

Buka cabang

Jika Anda pernah melihat perkembangan di toko rumah, pertimbangkan untuk membuka toko baru untuk memperluas jangkauan Anda ke konsumen. Anda dapat atau dapat memilih apakah Anda ingin membuka cabang baru di area yang sama atau berbeda. Kantor di wilayah yang sama biasanya digunakan untuk membantu bisnis Anda melayani pelanggan yang mungkin tidak dapat atau dapat dilayani oleh kantor pusat. Jika tujuannya untuk meraup untung lebih banyak, maka dapat dibuka cabang di daerah lain yang persaingan produknya juga tidak terlalu ketat, dan konsumen baru bisa dijangkau di berbagai daerah atau daerah.

Penerapan sistem penjualan baru

Di era serba digital ini, ada beberapa opsi penjualan selain hanya mengandalkan transaksi fisik. Orang berbondong-bondong mengubah cara konsumsi dengan berbelanja di toko online. Aktivitas berbelanja di dunia online tentunya semakin mudah.

Kerja sama yang saling menguntungkan

Strategi lain yang dapat atau dapat diambil untuk mengembangkan bisnis ini adalah bekerja dengan mitra yang berbeda, baik itu perusahaan pelengkap atau bahkan pesaing Anda. Tentunya kerja sama ini juga harus menguntungkan kedua belah pihak.

Akuisisi perusahaan pesaing

Selain melalui metode koperasi, perluasan bisnis dapat atau dapat dilakukan secara langsung melalui pembelian perusahaan pesaing. Ini biasanya terjadi ketika kompetitor mengalami kesulitan. Pembelian tersebut dapat atau dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui merger atau akuisisi.

3 fase ekspansi bisnis

1. Rencanakan ke depan

Perusahaan tanpa perencanaan yang baik adalah perusahaan yang tidak siap untuk tumbuh, seperti halnya ekspansi.

Toko ini siap berkembang karena penjualan sudah berjalan lancar dan jumlah pelanggan tetap signifikan.
Selama lima tahun ke depan, perusahaan harus memiliki produknya sendiri, yaitu mereknya sendiri, dan dapat atau dapat diproduksi sendiri.

Pasarnya sangat luas dan permintaannya sangat tinggi, sehingga perlu dihadirkan pasar baru untuk menampung penjualan.
Karyawan baru tentunya dibutuhkan agar semua jenis kegiatan atau kegiatan operasional bisa atau bisa berkelanjutan dan proses penjualan menjadi lebih cepat dan efektif.

2. Tentukan seperti apa model bisnis nantinya

Dengan ekspansi, model bisnis tidak akan pernah sama seperti sebelumnya. Prosedur Operasi Standar (SOP) baru diperlukan dalam jangka waktu yang lama, dan ketika Anda memiliki karyawan baru, aktivitas atau aktivitas bisnis tersebut juga berubah perlahan.

3. Berapa modal yang dibutuhkan untuk ini?

Modal usaha tentunya akan dibutuhkan selama ekspansi. Agar bisa membayar karyawan, menyewa atau bahkan membangun gudang baru, membeli toko online, membangun toko fisik dan membangun pabrik produksi sendiri tentunya dibutuhkan modal yang banyak.

Anda cukup menggunakan keuntungan sejauh ini dari penjualan Anda sebagai modal. Namun, ada kemungkinan arus kas Anda terganggu untuk menjalankan aktivitas atau operasi bisnis Anda saat ini sebelum ekspansi.

Contoh ekstensi

Sebagaimana dijelaskan tentang penyuluhan yang diuraikan, penyuluhan ini merupakan suatu kegiatan atau kegiatan yang memperluas sekaligus memperluas usaha ekonomi. Seperti ekstensi ini PT. Seed Gresik Tbk yang kemudian mendirikan holding atau holding company untuk semen Gresik.

Demikian penjelasan pengertian penyuluhan, jenis, tingkatan, strategi dan contoh, semoga apa yang sedang dijelaskan, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Sumber :