Pengertian Masalah Menurut Ahli, Jenis, Cara Menyelesaikan & Contoh

Pengertian-Masalah-Menurut-Ahli,-Jenis,-Cara-Menyelesaikan-&-Contoh

Tentukan masalahnya

Orang seringkali dihadapkan pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Jenis masalah ini tidak akan diundang dalam hidup kita. Masalah sering dikaitkan dengan kesialan dan ada juga bencana. Ketika kita menggali lebih dalam pada sifat fundamental dari masalah, masalah sebenarnya tidak hanya berdampak negatif. Terkadang masalah juga muncul sebagai cara untuk bisa memperbaiki berbagai kelemahan pada diri sendiri.

 

Pengertian-Masalah-Menurut-Ahli,-Jenis,-Cara-Menyelesaikan-&-Contoh

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://memphisthemusical.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Membicarakan masalah tidak lepas dari pemahaman masalah itu sendiri. Walaupun orang selalu dihadapkan pada masalah, namun ada juga cukup banyak orang yang tidak memahami definisi dari masalah itu sendiri.

Menurut para ahli, pahami masalahnya

Berikut ini beberapa definisi masalah menurut para ahli yaitu:

A. Irmansyah Effendi

Menurut Irmasyah Effendi, masalah adalah pelajaran saat jiwa sadar. Anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai kelemahan dan masalah dalam hidup Anda.

B. Hudojo

Menurut Hudojo, masalahnya adalah pertanyaan yang diajukan kepada seseorang yang tidak memiliki undang-undang yang dapat segera digunakan untuk menemukan kementerian tersebut.

C. Abdul Cholil

Menurut Abdul Cholil, masalah adalah bagian kecil dari kehidupan. Setiap orang pasti memiliki masalah baik dari dirinya sendiri maupun dari yang akan datang dari orang lain dan juga harus dihadapkan pada mereka.

D. Jeffey Liker

Menurut Jeffey Liker, masalah adalah kesempatan untuk hidup lebih baik. Melawan masalah adalah sebuah kesempatan.

E. Richard Carlson

Menurut Richard Carson, memahami masalah merupakan tempat terbaik untuk berolahraga agar hati menjadi lebih terbuka. Masalah adalah bagian penting yang harus ada dalam kehidupan kita semua.

F. Istijanto

Menurut Istijanto, masalah merupakan bagian terpenting dari setiap proses penelitian, karena masalah juga dapat memberikan petunjuk berupa jenis informasi yang nantinya sangat kita butuhkan.

Jenis masalah

Secara umum masalah juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu masalah sederhana dan masalah kompleks. Perbedaan antara kedua jenis masalah tersebut adalah:

A. Masalah sederhana

Masalah sederhana memiliki cakupan yang kecil, tidak berhubungan dengan masalah lain, tidak mempunyai konsekuensi yang besar, penyelesaiannya tidak terlalu rumit, dan dapat diselesaikan oleh individu juga. Ruang lingkup masalah ini terbatas dan dapat diselesaikan oleh individu juga.

B. Masalah yang rumit / kompleks

Masalah kompleks, maupun masalah kompleks, memiliki cakupan yang lebih besar daripada masalah sederhana, dapat dikaitkan dengan berbagai masalah lain, memiliki konsekuensi yang sangat besar, dan bahkan penyelesaiannya memerlukan kolaborasi kelompok dan analisis yang sangat menyeluruh. Cakupan masalah ini juga akan berlaku untuk banyak orang dan hanya bisa diselesaikan oleh banyak orang.

Bagaimana masalah muncul

Dalam beberapa hal, kita sering melakukan kesalahan yang fatal atau nonfatal.

Bagaimana mengatasi masalah

  • Identifikasi masalah umum
  • Temukan petunjuk untuk masalah
  • Temukan sumber masalahnya
  • Pikirkan berbagai cara untuk menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.
  • Pilih jalur yang mudah
  • Menerapkan
  • Periksa dengan selesai.

Contoh masalah

Nadia sudah 3 hari tidak masuk sekolah karena harus menunggu ibunya di rumah sakit. Nadia bingung, sebenarnya dia tidak mau ketinggalan pelajaran di sekolah. Tapi dia juga tidak tega meninggalkan ibunya, yang sakit di rumah sakit.
Yanto tidak akan belajar dengan baik. Selama tiga hari berturut-turut, tetangga akan berpesta agar suasana di kediaman Nanto tetap ramai. Dia tidak bisa lagi berkonsentrasi untuk belajar.

Kesimpulan berikut untuk masalah tersebut muncul dari contoh di atas:

Nadia menghadapi ibunya yang sedang sakit dan tidak punya pelajaran di sekolah.
Yanto tidak bisa belajar dengan baik.

Lihat Juga: Alight Motion Pro