Yuk simak 14 perkembangan Android dari dulu hingga sekarang

Yuk simak 14 perkembangan Android dari dulu hingga sekarang

Yuk simak 14 perkembangan Android dari dulu hingga sekarang

Yuk simak 14 perkembangan Android dari dulu hingga sekarang

Sistem operasi Android bisa dibilang merupakan sistem operasi yang paling fenomenal. Hampir setiap orang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android yang terintegrasi. Mengapa demikian? Karena banyak sekali merk smartphone yang menggunakan sistem operasi ini. Sehingga semakin banyak pengguna Android.

Berbeda dengan sistem operasi iOS, yang hanya dimiliki oleh perangkat yang dirilis oleh perusahaan Apple. Sebenarnya, ada pro dan kontra di balik semua ini. Kita sebagai pengguna ponsel Android pasti sudah sangat familiar dengan sistem operasi yang satu ini. Android awalnya diluncurkan pada tahun 2007 tetapi menjadi populer pada tahun 2011.

Sebenarnya Android pada awalnya bukan berasal dari Google, namun sekarang Android sudah dimiliki oleh Google. Faktanya adalah: Android ada di tangan yang tepat. Sistem operasi ini telah berkembang menjadi sistem operasi yang canggih. Namun apakah Anda sudah mengetahui perkembangan sistem operasi ini? Jadi mari kita lihat perkembangan Android dari dulu hingga saat ini.
1. Tahun 2008: Android 1.0
pengembangan Android
Gambar: dunia komputer

Versi ini adalah versi pertama dari Android. Di mana banyak anteseden aktivitas yang dilakukan di Android kita berasal. Pastinya kita sering menggesek bagian atas layar ponsel untuk mengecek notifikasi kan? Atau apakah Anda sering melihat widget? Semua fitur tersebut sudah ada di versi ini dan sejauh ini kedua fitur tersebut masih ada dan tentunya sangat berkembang dengan baik.
Tahun 2 2009: Android 1.5 (Cupcake)
pengembangan Android
Gambar: Firstpost

Hal yang menarik dari Android adalah sebuah versi Android memiliki nama yang berbeda yang berasal dari nama makanannya dan diurutkan berdasarkan abjad. Tradisi dimulai dengan versi ini. Ya, Cupcake Android. Fitur baru dari versi ini adalah dukungan awal layar sentuh, kamera dan fungsi perekaman video.
Tahun ke-3 2009: Android 1.6 (donat)
pengembangan Android
Gambar: ZDNet

Di tahun yang sama, Android juga merilis versi terbarunya. Salah satu inovasi dari versi ini adalah Android kini dapat digunakan untuk perangkat dengan ukuran berbeda. Tambahan lainnya adalah adanya kotak pencarian di antarmuka, yang memudahkan pengguna untuk mencari di Internet, kontak, dan file.
Tahun 4 2009: Android 2.0 (Eclair)
pengembangan Android
Gambar: Logopedia

Mungkin tahun 2009 akan menjadi tahun dimana Google mendorong pengembangan Android. Android versi 2.0 dirilis pada tahun 2009 atau disebut dengan Android Eclair. Versi ini memperkenalkan sistem navigasi yaitu Google Maps. Mekanik untuk membuka layar kunci dengan menggesek juga muncul di versi ini.
5. Tahun 2010: Android 2.2 (Froyo)
pengembangan Android
Gambar: Berita utama Android

Tidak banyak pembaruan dari versi ini. Dimulai dengan home screen yang memungkinkan hingga 5 layar (sebelumnya hanya 3) dan mekanisme penguncian layar dengan sistem PIN.
6. Tahun 2010: Android 2.3 (Roti Jahe)
pengembangan Android
Gambar: Perbarui Android saya

Dimulai dengan versi ini, antarmuka Android telah direvisi. Banyak perubahan interface pada versi ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fungsionalitas multitouch juga diperkenalkan di versi 2.3. Seiring dengan munculnya fitur mengambil foto atau selfie Anda sendiri, itu diperkenalkan dalam versi ini.

Baca Juga: Apa Itu Android? Inilah 7 fakta unik Android
7. Tahun 2011: Android 3.0 (HoneyComb)
pengembangan Android
Gambar: perspektif PC

Mungkin sistem operasi ini jarang ditemukan pada zamannya. Bahkan, versi ini dirancang khusus untuk perangkat tablet. Namun, fitur baru dari versi ini adalah tombol virtual untuk home, back, dan menu.
8. Tahun 2011: Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
pengembangan Android
Gambar: Tren digital

Versi ini lebih mirip dengan versi Honeycomb tetapi ditargetkan pada perangkat seluler. Fungsinya adalah tombol virtual. Hal baru yang muncul pada versi ini adalah mampu mem-porting aplikasi standar vendor.
Tahun 9, 2012: Android 4.1 (Jelly Bean)
pengembangan Android
Gambar: Wallpaperose

Apakah Anda sering menggunakan fitur Google Now? Jika ya, fitur awal dari versi Android Jelly Bean. Pada versi ini juga terdapat perubahan pada interface.
10. Tahun 2013: Android 4.4 (Kitkat)
pengembangan Android
Gambar: Gizmodo Australia

Dimulai dengan versi ini, perintah suara “Ok Google” dapat digunakan. Fitur ini juga dipuji oleh berbagai pakar teknologi. Belum lagi, muncul aplikasi chatting di versi ini, yaitu Google Hangout.

Sumber :