Proksi adalah: definisi, fungsi, mode operasi, jenis, contoh

Proksi-adalah-definisi-fungsi-mode-operasi-jenis-contoh

Proksi adalah: definisi, fungsi, mode operasi, jenis, contoh

Definisi proxy

Secara umum, proxy adalah server komputer yang berguna untuk menyampaikan permintaan pengguna ke server lain di Internet. Server proxy ini, misalnya, adalah sambungan antar PC yang berbagi jaringan Internet. Proksi itu sendiri memiliki lebih dari satu kegunaan, termasuk:

Proksi-adalah-definisi-fungsi-mode-operasi-jenis-contoh

Cara menyembunyikan alamat IP klien atau komputer pengguna sehingga siapa pun dapat berselancar secara anonim tanpa meninggalkan jejak alamat IP di halaman web yang mereka kunjungi. Misalnya, jika klien mengunjungi Google melalui server proxy, maka Google akan menentukan bahwa itu adalah server proxy, bukan klien. Oleh karena itu, bahkan Google tidak dapat melacak lokasi klien pengguna ini.

Jelajahi Internet lebih cepat. Semua permintaan dari komputer klien mencapai server proxy terlebih dahulu. Proksi kemudian memeriksa apakah halaman web yang akan dikunjungi pengguna berikut sudah memiliki cache yang disimpan atau tidak. Jika demikian, klien menerima umpan balik dari data cache sehingga klien dapat menjelajahi Internet lebih cepat.
Untuk memblokir situs web yang tidak diinginkan. Misalnya untuk jaringan internet di kantor, sehingga karyawan di kantor berikut tidak menggunakan internet untuk bermain atau menonton media sosial.

Fungsi proxy

Di bawah ini adalah beberapa fitur proxy, yaitu:
1. Hubungkan fungsi berbagi

Salah satu fungsi proxy adalah menghubungkan share, bertindak sebagai penghubung atau perantara untuk mendapatkan data dari satu alamat IP dan mengirimkannya ke alamat IP lain atau ke IP komputer pengguna.
Lihat juga: materi sepakbola
2. Fungsi filter

Ada beberapa proxy yang dapat dilengkapi dengan firewall yang memblokir beberapa atau alamat IP yang tidak diinginkan sehingga beberapa situs web tidak dapat diakses menggunakan proxy ini. Ini adalah salah satu fungsi proxy sebagai filter.
3. Fungsi cache

Dan fungsi proxy lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini pengertian proxy juga dapat dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query dan kebutuhan akses pengguna. Misalnya, permintaan untuk dapat mengakses web ini lebih cepat jika pengguna proxy menerima permintaan untuk mengakses web sebelumnya. Demikian fungsi proxy sebagai worm, semoga bermanfaat.

Bagaimana proxy bekerja

Cara kerja proxy sangat sederhana: jika pengguna atau pengguna menggunakan layanan proxy dan kemudian meminta file atau data yang terdapat di server publik, proxy meneruskannya ke Internet seolah-olah proxy telah memintanya. Proksi akan menampilkan respons kepada pengguna atau pengguna seolah-olah itu adalah server publik ketika server proxy mendapatkan apa yang diminta pengguna. Beginilah cara kerja proxy.

Setiap komputer yang menggunakan internet membutuhkan alamat IP atau alamat IP. Alamat IP dapat dibandingkan dengan nama jalan komputer Anda. Jika kantor pos perlu membawa sesuatu ke rumah Anda, kantor pos perlu mengetahui nama jalan tempat Anda tinggal. Konsep alamat IP sama. Internet perlu mengetahui alamat IP Anda agar dapat mengirimkan data yang benar ke komputer yang tepat.

Pada dasarnya, proxy adalah komputer dengan Internet yang memiliki alamat IP sendiri tetapi dikenal oleh komputer Anda. Saat Anda mengirim permintaan situs web, permintaan Anda masuk ke server proxy terlebih dahulu. Dari sana, server proxy membuat permintaan, mengambil respons dari server situs web dan mengirimkannya ke browser Anda.
Lihat juga: Debit dan Kredit

Ketika server proxy meneruskan permintaan web Anda, proxy dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan masih mendapatkan informasi yang diharapkan. Server proxy dapat mengubah alamat IP Anda sehingga server web tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia. Itu dapat mengenkripsi data Anda sehingga data Anda tidak dapat dibaca saat transit. Terakhir, server proxy dapat memblokir akses ke situs web tertentu berdasarkan alamat IP.
Jenis proxy

Karena sifatnya yang khas, setidaknya jenis proxy dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu anonymous proxy, high anonymity proxy, transparent proxy, dan reverse proxy. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis proxy, yaitu:
1. Proksi Anonim / Proksi Anonim

Ini adalah tipe proxy. Ini adalah jenis proxy yang dapat menggambarkan informasi komputer pengguna. Ketika pengguna membuat permintaan dari satu situs web, situs web berikutnya dapat memahami alamat IP proxy yang digunakan oleh pengguna, tetapi bukan alamat IP pribadi yang berasal dari pengguna. Sejak melayani website

 

 

Lihat Juga :

https://t.me/belajarngeblogbareng/41
https://t.me/belajarngeblogbareng/42
http://10109113.blog.unikom.ac.id/6-aplikasi-video.86q
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/417/artikel-12-aplikasi-edit-video-bokeh-terbaik-untuk-hp-android
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/418/artikel-pengertian-jaringan-epidermis
https://teknologi.id/question/social/apa-itu-aplikasi-bokeh
https://exposicionesmapfrearte.com/alight-motion-pro/
https://exposicionesmapfrearte.com/video-bokeh-museum/
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73248
https://jurnal.uns.ac.id/jmme/comment/view/25832/0/73249
http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/comment/view/3889/0/58289
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953844/recommended-9-latest–best-bokeh-video-applications
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953846/how-to-edit-video-bokeh-with-vsdc
https://www.bignewsnetwork.com/news/267953845/9-bokeh-video-applications-for-low-spec-smartphones