Istilah Pukulan Bahasa Inggris Dalam Olah Raga Tinju

pukulan-olah-raga-tinju

Ungkapan tangkap bahasa Inggris dalam tinju dan artinya

pukulan-olah-raga-tinju

Tinju adalah olahraga dan seni bela diri di mana dua peserta dengan berat yang sama bersaing satu sama lain dengan tinju mereka dalam serangkaian pertarungan setiap satu atau tiga menit, yang dikenal sebagai ronde. Pada kesempatan ini, IBI akan membahas istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam tinju. Mari kita saling melihat bersama.

Berikut adalah beberapa kata-kata buzz dalam tinju

  • 1. Jab
    Jab adalah pukulan pembuka dalam tinju. Jab adalah pukulan langsung yang dapat ditujukan ke wajah atau tubuh lawan. Biasanya jab dilempar dengan tangan kiri (jika petinju ortodoks atau kidal jika petinju kidal. Tapi itu bukan taruhan yang aman, ada kalanya petinju ortodoks melempar jab dengan tangan kanan dan sebaliknya, pernah sesuai dengan posisi saat menyerang.
    direkomendasikan oleh Mgid
    Mgid
  • 2. Lurus
    Lurus adalah pukulan lurus dalam tinju. Pukulan biasanya dilempar langsung setelah jab, tetapi hal ini tidak selalu terjadi karena dapat dikombinasikan dengan pukulan lain tergantung pada strategi dan kondisi di atas ring (tinju). Sasaran utama pukulan ini adalah kepala lawan, tapi bisa juga perut, tergantung situasi dan posisi petinju. Untuk petinju ortodoks (tinju) pukulan lurus dilempar dengan pukulan kanan (karena tangan kanan lebih keras daripada tangan kiri) dan sebaliknya untuk orang yang kidal.
  • 3. kait
    Hook berarti kait dalam bahasa Inggris. Dan itulah posisi yang dilakukan seorang petinju saat melempar kail. Kail dapat dilempar dengan kedua tangan di kanan dan kiri. Hook dikenal sangat mematikan dalam tinju. Petinju kelas berat Mike Tyson dulunya ditakuti karena hook-nya sering melumpuhkan lawan, sedangkan petinju Indonesia Ellyas Pical memiliki hook kiri yang sangat keras dan sering melumpuhkan lawan dengan senjata hook kirinya. Karena kehandalan serangannya, Pical disebut sebagai Exocet. Jab biasanya digunakan untuk mengalihkan fokus lawan atau hanya sekedar pukulan pembuka dalam sebuah serangan, namun tidak jarang jab dilempar dengan keras dan mengenai lawan serta menjatuhkan mereka.
  • 4. Pukulan Atas
    Pukulan atas adalah pukulan pendek dalam tinju, biasanya pukulan paling penting untuk melumpuhkan lawan. Potongan atas dilempar dari bawah, tangan dan siku petinju membentuk huruf “V” dengan sasaran utama adalah perut lawan, ulu hati dan dagu. Petinju Indonesia Muhammad Rachman dikenal memiliki senjata pukulan kiri dan kanan yang kuat dan sering menjatuhkan lawan dengan pukulan ini.
  • salib ke-5
    Cross in boxing bukanlah pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan pukulan modifikasi yaitu kombinasi straight dan upper cut yang ditujukan ke rahang atau perut lawan. Istilah ini hanya dikenal di tinju profesional dan tidak di tinju amatir, yang hanya mengenal pukulan standar yang disebutkan di atas.
  • 6. Kait panjang
    Long hook adalah pukulan hook yang dilempar dari jarak jauh. Dalam tinju, long hook bukanlah pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan pukulan modifikasi yang merupakan kombinasi antara straight dan hook. Petinju Muhammad Ali dikenal mempopulerkan pukulan hook panjang ini. Di Indonesia jurus ini disebut jurus ayun. Istilah ayunan tidak dikenal dalam tinju internasional dan lebih dikenal dengan istilah long hook.
    Kait panjang ini hanya dikenal di tinju profesional dan tidak dikenal di tinju amatir, yang hanya tahu semboyan standar yang disebutkan di atas. Ukulan “Ayunan” adalah istilah yang hanya umum di Indonesia, bahkan istilah yang diakui secara internasional adalah kail panjang yang dipopulerkan oleh Muhammad Ali. Saat pertandingan Muhammad Ali ditayangkan di TVRI, para penyiar dan komentator TVRI menyebut long hook shot ini sebagai ayunan karena cara melempar pukulan seperti mengayunkan tangan dari kejauhan. Diiringi gerak kaki yang lincah dan long hook alias ayunan, gerakan mencolok ini benar-benar menjadi ciri khas Muhammad Ali, dan sejauh ini belum ada yang bisa menirunya.
  • 7. Pukulan kelinci
    Pukulan kelinci merupakan salah satu pukulan yang paling terlarang dan sangat berbahaya bagi lawan dalam tinju. Pukulan kelinci dilakukan dari atas ke bawah, terutama saat lawan sedang berjongkok. Sengaja atau tidak sengaja pukulan ini dilarang karena ditujukan pada ubun-ubun atau leher lawan, yang sangat berbahaya dan fatal. Pukulan kelinci merupakan salah satu pukulan yang paling terlarang dan sangat berbahaya bagi lawan dalam tinju. Pukulan kelinci dilakukan dari atas ke bawah, terutama saat lawan sedang berjongkok. Sengaja atau tidak sengaja pukulan ini dilarang karena ditujukan pada ubun-ubun atau leher lawan, yang sangat berbahaya dan fatal.

Semoga apa yang diajarkan IBI pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat IBI semua.

Sumber :