Report Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure

report-text

Teks laporan: definisi, tujuan, struktur umum, dan contoh lengkap

report-text

Beberapa waktu lalu KBI menerbitkan artikel tentang contoh report text tentang kanguru. Tahukah Anda apa itu teks laporan? Report text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris. Report text sering disamakan dengan descriptive text, namun sebenarnya report text berbeda dengan descriptive text, namun memiliki beberapa persamaan. KBI akan menggunakan kesempatan ini untuk membahas teks laporan. Berikut penjelasannya.

definisi

“Report text adalah jenis teks yang mengumumkan hasil penyelidikan atau mengumumkan sesuatu. Informasi dalam report text merupakan informasi yang sangat umum. “

Report text adalah jenis teks yang mengumumkan atau mengumumkan hasil suatu penyelidikan. Informasi yang terdapat dalam teks laporan merupakan informasi yang sangat umum.

Apa perbedaan antara teks laporan dan teks deskriptif? Jika dibandingkan, perbedaannya adalah teks recount menjelaskan sesuatu yang umum atau umum, sedangkan teks deskriptif menjelaskan sesuatu yang khusus atau khusus. Teks laporan biasanya juga bersifat ilmiah.

sasaran

  • “Fungsi sosial dari teks laporan adalah untuk menyajikan kepada pembaca informasi tentang sesuatu secara umum.”
  • Fungsi sosial dari report text adalah untuk menyajikan kepada pembaca informasi tentang sesuatu secara umum.

Secara umum, report text menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan fenomena alam, buatan manusia, dan sosial di lingkungan kita, seperti: mamalia, planet, batu, tumbuhan, negara dan kota, budaya, transportasi, dll. Dan report text bersifat ilmiah karena adalah fakta yang disajikan sebagai hasil penelitian atau pengamatan.

Struktur umum

  • Klasifikasi umum
    berisi pernyataan umum tentang topik yang sedang dibahas atau dibahas.
  • keterangan
    adalah bagian yang memberikan gambaran rinci tentang subjek yang tercakup dalam bagian klasifikasi umum.

Contoh teks laporan

Venesia

Klasifikasi umum:
Venesia adalah sebuah kota di Italia utara. Ini adalah ibu kota wilayah Veneto. Bersama dengan Padua, kota ini merupakan bagian dari wilayah metropolitan Padua-Venice. Venesia dikenal sebagai “Ratu Laut Adriatik”, “Kota Air”, “Kota Jembatan” dan “Kota Cahaya”. Kota ini membentang lebih dari 117 pulau kecil di laguna berawa Venesia di sepanjang Laut Adriatik di timur laut Italia.

Keterangan:
Venesia terkenal di dunia karena kanal-kanalnya. Itu dibangun di atas kepulauan dari 117 pulau yang dibentuk oleh sekitar 150 saluran di laguna dangkal. Pulau-pulau di mana kota ini dibangun dihubungkan oleh sekitar 400 jembatan. Di pusat tua, kanal berfungsi sebagai jalan, dan semua bentuk transportasi dilakukan dengan air atau berjalan kaki.

Di sana Anda bisa naik gondola. Ini adalah perahu Venesia klasik yang terutama digunakan untuk turis akhir-akhir ini atau untuk pernikahan, pemakaman, atau upacara lainnya. Saat ini, sebagian besar orang Venesia bepergian dengan bus air bermotor (“vaporetti”), yang mengoperasikan rute reguler di sepanjang kanal-kanal besar dan di antara pulau-pulau kota. Kota ini juga memiliki banyak kapal pribadi. Satu-satunya gondola yang masih digunakan oleh orang Venesia adalah traghetti, feri pejalan kaki yang melintasi Grand Canal pada titik-titik tertentu tanpa jembatan.

Anda dapat melihat landmark kota yang lucu seperti St. Mark’s Square, Palazzo Contarini del Bovolo, St. Mark’s Basilica atau Villas of Veneto. Vila-vila di Veneto, tempat tinggal pedesaan untuk bangsawan selama republik, adalah salah satu aspek paling menarik dari lanskap Venesia. Mereka dikelilingi oleh taman elegan yang cocok untuk pesta masyarakat kelas atas yang modis. Kota ini juga terkenal dengan pemandangannya yang indah dan romantis, terutama pada malam hari.

Oleh karena itu, menjelaskan teks laporan: definisi, tujuan, struktur umum, dan contoh lengkap dapat membantu. Baca juga tentang teks naratif dan teks prosedur. Nantikan artikel lainnya dari KBI. Terima kasih.

Sumber :