Rumus Excel RANK, Mencari & Menentukan Ranking

Rumus-Excel-RANK,-Mencari-&-Menentukan-Ranking

Tidaklah mudah bagi guru di sekolah untuk mengevaluasi nilai siswa. Alasannya adalah bahwa guru perlu benar-benar memperhatikan nilai setiap siswa dan mengurutkan nilai dari yang terbesar sampai yang terkecil.

Rumus-Excel-RANK,-Mencari-&-Menentukan-Ranking

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Rumus Excel RANK, Mencari & Menentukan Ranking

Sekarang nilai peringkat bisa menjadi lebih mudah karena ada rumus peringkat Excel yang sangat mudah digunakan. Untuk rumus lainnya, lihat rumus Excel.

Rumus peringkat Excel: fungsi RANK

Fungsi rumus peringkat Excel

 

Fungsi RANK adalah fungsi peringkat pertama yang tersedia di Excel. Anda dapat menemukan fitur ini di versi terbaru Microsoft Excel hingga versi 2007 ke bawah. Sintaks untuk menulis fungsi RANK di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
= PERINGKAT (nomor; referensi; [pesanan])

Informasi:

Referensi: Referensi yang dimaksud disini dapat berupa referensi berupa sel Excel, larik atau kumpulan angka yang digunakan sebagai acuan pemeringkatan.
Nomor: Ini adalah nomor yang akan dicari oleh daftar peringkat
Urutan: Urutan hanya terdiri dari dua pilihan angka, yaitu 1 dan 0. Urutan 0 berarti urutan angka menurun. Jika Anda memasukkan angka 1, artinya angka tersebut akan diurutkan dalam urutan menaik atau menaik.

Bagian referensi harus memiliki tanda $, yang bisa Anda peroleh dengan mengklik sel lalu menekan tombol “F4” pada keyboard. Misalnya, untuk sel D4, sel otomatis berubah menjadi $ D $ 4 saat tombol F4 ditekan. Jika Anda ingin mengurutkan data numerik di kolom B2 hingga B10, rumusnya adalah:
= PERINGKAT (B2; $ B $ 2: $ B $ 10; 0)

Kemudian tarik saja rumus dari kolom B2 ke kolom B10. Urutan 0 berarti pengurutan dari data tertinggi ke terendah. Hasilnya adalah skor tertinggi menjadi Peringkat 1 dan skor terendah menjadi Peringkat 9.
Rumus RANK.EQ

Rumus Rank.EQ

Selain fungsi RANK, Microsoft Excel juga menawarkan fungsi baru yaitu RANK.EQ yang hanya tersedia di Microsoft Excel versi terbaru sampai dengan tahun 2010. Sintaks penulisan fungsi RANK.EQ adalah sebagai berikut:
= RANK.EQ (nomor; referensi; [pesanan])

Informasi:

Angka: Data angka yang sedang mencari peringkat
Referensi: Referensi adalah sekumpulan data numerik yang terkait dengan objek peringkat
Order: Order order menurun atau bertambah. Order 0 artinya diurutkan dalam urutan descending sedangkan order 1 berarti naik atau turun

Rumus RANK.AVG

Rumus RANK.AVG

Berbeda dengan dua fungsi sebelumnya, fungsi RANK.AVG berguna tidak hanya untuk mengevaluasi nilai yang ada dalam grup data, tetapi juga untuk menambahkan rata-rata dari nilai total.

Dengan cara ini, ketika ada data nilai yang sama di Excel, Excel mencari nilai rata-rata di peringkat dengan nilai yang sama.

Sintaks untuk menulis fungsi RANK.AVG adalah sebagai berikut:
= RANK.AVG (nomor; referensi; [pesanan])

Informasi:

Angka: Nilai data yang akan diberi peringkat
Referensi: Sekelompok data yang menjadi subjek pemeringkatan. Referensi bisa berupa daftar angka, larik, atau referensi
Urutan: Urutan adalah pesanan khusus bagi Excel untuk mengatur data, baik itu menurun (urutan 0) atau meningkat (urutan 1).

Misalnya, jika Anda ingin mencari peringkat di grup data di kolom H1 hingga H10, rumusnya adalah:
= PERINGKAT (H1; $ H $ 1: $ H $ 10; 1)

Urutan yang digunakan adalah 1, artinya pemeringkatan dilakukan secara meningkat. Skor terendah adalah peringkat 1, sedangkan skor tertinggi adalah peringkat 10.

Fungsi prioritas mana pun yang Anda pilih, pastikan Anda memahami ejaan atau sintaks yang benar. Alasannya, karakter operator yang salah dapat menyebabkan rumus tidak berfungsi untuk mengurutkan data.

  Lihat Juga : aplikasi edit video