Solusi Partisi Drive C Tidak Bisa Di-Extend

Solusi-Partisi-Drive-C-Tidak-Bisa-Di-Extend

Solusi Partisi Drive C Tidak Bisa Di-Extend

Ukuran partisi yang terlalu kecil dari drive C sebenarnya bisa menjadi masalah nantinya. Semakin banyak program yang kami instal dan file apa yang kami unduh, semakin penuh drive C di laptop. Karena itu, kita perlu memperbesar atau memperkecil ukurannya.

Solusi-Partisi-Drive-C-Tidak-Bisa-Di-Extend

Masalahnya terkadang drive C tidak dapat diperluas di laptop karena tidak ada ruang yang tidak terisi atau karena ada masalah dengan pemasangan drive.

Di posting sebelumnya, saya memberikan tutorial tentang cara meningkatkan ukuran drive C di Windows. Jika kondisinya normal, seharusnya proses berjalan dengan lancar dan tanpa masalah. Namun jika ternyata drive C laptop sobat tidak bisa di ekspansi, maka di postingan kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi masalah tersebut.
Cara mengatasi partisi C tidak bisa diperpanjang

1. Instal aplikasi AOMEI Partition Assistant

Untuk memperluas partisi drive C, kita membutuhkan bantuan alat pengelola partisi. Rekomendasi saya adalah AOMEI karena aplikasi ini cukup mudah digunakan dan stabil. Anda bisa mendapatkannya lewat sini:
Asisten partisi AOMEI

2. Jalankan AOMEI dan pindai semua hard drive di laptop

Setelah install, jalankan aplikasi AOMEI. Kemudian tunggu aplikasi mendeteksi semua partisi di hard drive kita.

3. Perhatikan pembagian partisi hard disk di laptop. Periksa ruang untuk memperluas drive C.

Jika hard drive laptop hanya terdiri dari satu hard drive yang dibagi menjadi beberapa partisi, ada kemungkinan drive C akan bertambah.

Namun, jika drive C berada di hard drive terpisah, misalnya jika Anda menggunakan SSD untuk drive C dan hard drive biasa untuk drive D, drive C tidak dapat diperluas. Karena kami tidak dapat menggabungkan 2 hard drive dalam satu partisi. Contohnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, dimana drive C dan drive D berada pada dua hard drive yang berbeda.
Memperluas partisi drive c

Lihat lokasi partisi di hard drive Anda untuk melihat apakah drive C dan drive D (atau partisi lain) ada di hard drive. Jika demikian, kita dapat mengambil ruang dari partisi di depannya untuk memperluas drive C.

Contohnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, dimana space pada drive D dapat digunakan untuk memperluas drive C.
Solusi drive c tidak dapat diperluas

4. Geser partisi drive D ke depan untuk membuat ruang yang tidak terisi di dasar partisi drive D.

Meskipun masih ada ruang kosong di drive D, kami tidak bisa begitu saja memperluas drive D seperti itu. Pertama-tama kita perlu membuat ruang yang tidak terisi di dasar drive D yang akan kita tambahkan ke drive C.

Langkah pertama yang harus diambil adalah memindahkan drive partisi D ke depan.
Cara menambah ukuran drive C.

Caranya: di aplikasi AOMEI, klik drive D dan pilih menu Change Partition / Move Partition.

Nanti akan muncul jendela di mana partisi drive D akan dipindahkan dan ukurannya berubah.

Seret pembagi ukuran ke depan tergantung pada berapa banyak GB ruang yang ingin Anda tambahkan ke drive C sehingga ruang baru yang tidak terisi akan dibuat di dasar partisi drive D. Untuk informasi lebih lanjut, lihat gambar berikut:
Cara menambah ukuran drive C dari drive D.

Setelah Anda menekan tombol OK, klik tombol Apply lagi di sudut kiri atas aplikasi AOMEI. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah proses pemindahan partisi drive D selesai, kita melihat bahwa ada ruang baru yang tidak terisi persis di depan partisi drive C. Ruang kosong ini sekarang digunakan untuk memperbesar kapasitas drive C.
Cara meningkatkan kapasitas drive c di Windows

5. Perluas drive C dengan menempelkan ruang yang tidak terisi yang Anda buat sebelumnya

Langkah selanjutnya adalah menambahkan ruang yang tidak terisi ke partisi C.

Untuk melakukan ini, klik sekali pada drive C dan pilih menu Ubah Partisi / Pindahkan Partisi.

Di jendela Ubah Partisi / Pindahkan Partisi, seret pembatas ukuran hingga menempel ke depan sehingga semua ruang yang tidak terisi dipindahkan ke drive C. Klik OK dan klik Apply.

Aplikasi AOMEI menggabungkan ruang yang tidak terisi di partisi C sehingga K-nya

 

Lihat Juga :