Twitter rayakan ulang tahun ke-10 tagar

Twitter-rayakan-ulang-tahun-ke-10-tagar

Twitter rayakan ulang tahun ke-10 tagar

Twitter-rayakan-ulang-tahun-ke-10-tagar

Pada 23 Agustus 2017, tanda pagar pertama kali digunakan di Twitter.

Adalah Chris Messina @chrismessina yang memprakarsai penggunaan tag dengan men-tweet #barcamp.

“Dalam dekade terakhir, tag dari” tag “atau” menyatukan “lelucon yang berbeda dalam kategori yang sama telah menjadi salah satu simbol paling terkenal dan paling banyak digunakan di era digital saat ini,” kata Twitter dalam pernyataan tertulis yang diterima ANTARA News, Rabu.

“Tagar telah menjadi bagian dari percakapan harian kami

, mengubah cara kami berkomunikasi online, dan telah menjadi cara yang kuat untuk menyatukan percakapan dan gerakan pada skala global,” lanjut Twitter.

Selain itu, Twitter mencatat sekitar 125 juta tag di seluruh dunia yang digunakan di Twitter setiap hari. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengeksplorasi apa yang sedang dibicarakan di dunia.

Berdasarkan pada diskusi tentang berbagai acara dan kampanye

penting dunia untuk meningkatkan kesadaran publik akan suatu topik / subjek, menghibur foto-foto kambuhan mingguan, semuanya terjadi melalui Tagar dan di Twitter.

Berikut adalah beberapa tag populer yang telah digunakan oleh komunitas Indonesia dekade ini, menurut Twitter.

1. #OwiButetBisaEmas
Tim bulutangkis ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, memenangkan medali emas di Olimpiade 2016 di Rio, beberapa menit sebelum akhir 17 Agustus di Indonesia. Komunitas berbagi kegembiraan, dukungan, dan selamat pada tag #OwiButetBisaEmas.

2. # Salam2Jari
Slogan ini menjadi slogan yang diperkenalkan Presiden Jokowi dan tim suksesnya dalam kampanye pemilihan presiden 2014 dan juga digunakan oleh tim Basuki Tjahaja Purnama yang sukses dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun ini.

Tagar ini telah menjadi salah satu tagar politik yang paling banyak digunakan di Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

3. #KamiTidakTakut
Tagar ini pertama kali dirilis pada saat serangan teroris di daerah Sarinah, Jakarta pada 14 Januari 2016, dan mendapat respons yang luar biasa di berbagai bagian negara.

Orang Indonesia menunjukkan keberanian melawan terorisme dan berbagi dukungan dari tagar ini.

4. #SaveKPK
Sejak berita penangkapan Wakil Ketua KPK (@KPK_RI), Bambang Widjojanto, muncul pada pagi hari 23 Januari 2015, banyak orang Indonesia telah menggunakan tagar ini untuk menunjukkan dukungan kepada KPK.

Percakapan ini menghasilkan lebih dari 600.000 tweet dan 9 juta jejak tweet dalam satu hari. Tagar #SaveKPK juga memiliki topik tren di peringkat 1 dunia pada hari ini.

5. # EURO2016
Perayaan kompetisi sepakbola paling bergengsi di Eropa terdengar keras di Twitter di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pengguna Twitter berdatangan untuk mengekspresikan dukungan mereka untuk pemain dan negara favorit mereka hari ini.

6. #PersibDay
Ini adalah hari yang digunakan oleh “Bobotoh” (pengikut Persib) untuk mendukung tim mereka ketika ada permainan penting. Hari ini telah sangat populer di Twitter sejak setidaknya 2015.

7. #MUFC
Manchester United, atau lebih umum disebut MU, tidak asing dengan Indonesia. Tim sepak bola profesional Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya, selalu didukung oleh banyak orang di Indonesia. Tag # MUFC juga sering digunakan di setiap kompetisi.

8. #MelawanAsap
Kebakaran hutan di Kalimantan dan Riau pada tahun 2015 menyebabkan pengguna Twitter di Indonesia meminta agar masalah ini didengar di seluruh dunia dan telah menerima hampir 2 juta tweet dalam beberapa bulan terakhir.

Beberapa tag yang sering digunakan dalam diskusi tentang topik ini adalah #Fighting Smoke, #smokes, #FlyingOfOxygen, #saveKalimantan, #saveRiau, #maribersikap, #melawanapi.

9. #DemiMetallica
Tagar ini pertama kali digunakan oleh penggemar Metallica (@kotakmakan) di Indonesia yang menjual kartu suaranya pada tahun 2013 untuk membeli tiket konser Metallica sampai banyak penggemar lain akhirnya melakukan hal yang sama. Sejak hari itu, akun @ DemiMetallica akan ditampilkan.

10. #JumatBerkah
Dengan tagar ini orang Indonesia menyambut kedatangan pada hari Jumat. Dapat dikatakan bahwa hari itu adalah pertandingan untuk Tuhan. Ini hari Jumat yang populer di luar negeri.

Berbagai istilah digunakan oleh pengguna Twitter sepanjang hari, mis. B. menulis kata-kata dan doa yang bijaksana.

 

Referensi :

  1. https://excite.co.id/
  2. https://jalantikus.app/
  3. https://teknosentrik.com/
  4. https://apkmod.co.id/