5 Tips Membuat Video YouTube SEO Friendly

5 Tips Membuat Video YouTube SEO Friendly

5 Tips untuk Video YouTube yang SEO-Friendly

5 Tips Membuat Video YouTube SEO Friendly

Cara membuat video Youtube yang SEO friendly

Di bawah ini adalah tips untuk lebih mengoptimalkan SEO Youtube untuk lebih meningkatkan peringkat video Anda di mesin pencari:
1. Gunakan judul dan kata kunci yang tepat

Judul video ini menjadi kunci bagi seseorang untuk mengetahui apa saja video yang ada di dalamnya. Memilih judul yang baik dan tepat baik untuk pengunjung maupun untuk algoritma SEO Youtube. Judul dan konten yang tepat adalah cara agar video Anda mendapatkan lebih banyak optimasi SEO.
2. Isi deskripsi video di Youtube

Jangan lupa tulis deskripsi videonya. Informasi dalam dua sampai tiga baris pertama sangat penting untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang tinggi dan baik. Berikan deskripsi singkat 2-3 baris yang mencakup subjek video dan konten video.
Baca juga: Cara Membuat Akun Google untuk Pengguna Baru Tidak Sulit

Gunakan kata kunci pelengkapan otomatis mesin pencari sebagai deskripsi untuk video. Jika kata kunci yang Anda cari ada di dua baris deskripsi video Anda, peringkat video Anda akan lebih tinggi.
3. Sesuaikan nama file video

Saat mengunggah file video ke akun Youtube Anda, selalu gunakan nama file setelah proses selesai. Jangan gunakan nama file default karena ini akan memengaruhi SEO video yang Anda unggah. Ubah file sesuai dengan konten konten video Anda.
4. Gunakan subtitle

Fitur CC di Youtube akan memudahkan penonton untuk lebih memahami narasi dalam video dan akan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Menggunakan CC adalah salah satu cara baru untuk masuk ke indeks mesin pencari karena juga menyertakan beberapa kata kunci dari video, juga menggunakan CC juga dikatakan membantu orang dengan masalah pendengaran memahami video dengan lebih baik.
5. Gunakan riset kata kunci dan tag

Tag juga merupakan cara untuk melakukan SEO Youtube, yang penting untuk memfasilitasi peringkat. Untuk menggunakan tag dalam video:

Buat daftar tag tertentu, tuliskan kata kunci terpenting agar algoritme dapat membaca konten Anda dengan lebih mudah.
Berikan tag umum untuk penggunaan, tulis kata kunci yang dikenal masyarakat umum dan tentu saja sesuai.
Tambahkan tag dengan salah eja, misalnya jika Anda menggunakan “SEO nyata” maka sertakan juga “SEO nyata”. Ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana seseorang mencari video Anda, memeriksa video di analytics Youtube dan juga sumber lalu lintas.
Tambahkan bentuk tunggal dan jamak dari tag yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan kata kunci mangga apel, masukkan juga kata kunci tersebut dan pisahkan kata kunci tersebut ke dalam tag yang berbeda seperti “mangga” dan “apel”.
Tambahkan juga frasa tag yang Anda gunakan seperti kata kunci ekor log.

Sumber :